Korut Tembakkan Rudal Balistik saat Menlu AS Sambangi Korsel

Senin, 18 Maret 2024 - 08:35 WIB
loading...
A A A
Uji tembak rudal balistik yang dilakukan pada hari ini adalah yang kedua yang dilakukan Korea Utara pada tahun ini, setelah Pyongyang meluncurkan rudal yang dilengkapi hulu ledak hipersonik yang dapat bermanuver pada 14 Januari.

Blinken mendarat di Seoul pada Minggu sore menjelang pertemuan puncak demokrasi, yang berlangsung dari 18 hingga 20 Maret dan akan mempertemukan pejabat pemerintah, LSM, dan anggota masyarakat sipil.

Seoul adalah salah satu sekutu regional utama Washington, dan Amerika Serikat telah menempatkan sekitar 27.000 tentara Amerika di Korea Selatan untuk membantu melindungi negara tersebut dari ancaman Korea Utara.

Presiden konservatif Korea Selatan Yoon Suk Yeol telah meningkatkan hubungan dengan Washington dan berusaha mengubur sejarah dengan bekas kekuatan kolonial Jepang untuk lebih waspada terhadap ancaman Pyongyang.

Sepanjang tahun ini, Pyongyang telah menyatakan Korea Selatan sebagai “musuh utama”, membuang lembaga-lembaga yang berdedikasi pada reunifikasi dan penjangkauan, dan mengancam perang atas “bahkan 0,001 mm” pelanggaran teritorial.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)