Siapa Fani Willis? Jaksa Penuntut Georgia yang Ingin Menjegal Trump, tapi Terjebak Skandal Perselingkuhan

Senin, 18 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Willis menggunakan ketelitian itu dalam skandal Sekolah Umum Atlanta yang melibatkan pejabat yang berbuat curang untuk meningkatkan nilai ujian standar, dan dalam mengadili beberapa rapper terkenal yang dituduh melakukan kejahatan geng.

Dia bersikeras bahwa dalam menyelidiki Trump, kantornya mengikuti prosedur yang sama seperti yang digunakan untuk menyelidiki laporan kemungkinan kejahatan.

“Kenyataannya adalah, kita punya pekerjaan, dan tugas kita hanyalah mencoba menemukan kebenaran,” katanya kepada New York Times pada bulan Februari. “Kami hanya akan menangani kasus [Trump] seperti kasus lainnya.”


2. Dikenal sebagai Jaksa yang Terampil

Siapa Fani Willis? Jaksa Penuntut Georgia yang Ingin Menjegal Trump, tapi Terjebak Skandal Perselingkuhan

Foto/Reuters

Lahir di Inglewood, California, pada tahun 1971, Willis dibesarkan oleh ayahnya, seorang pengacara pembela kriminal dan anggota Black Panthers, organisasi politik radikal.

Dia lulus dari Universitas Howard yang secara historis berkulit hitam pada tahun 1993, sebelum menerima gelar sarjana hukum dari Universitas Emory di Georgia pada tahun 1996.

Hanya lima tahun kemudian, Willis bergabung dengan kantor kejaksaan Fulton County, di mana dia bertugas di beberapa divisi berbeda hingga tahun 2018.

Selama hampir dua dekade berada di sana, Willis memimpin lebih dari 100 persidangan juri, termasuk persidangan pidana terpanjang dalam sejarah Georgia. Kasus ini berakhir dengan hukuman bagi 11 dari 12 pejabat sekolah negeri Atlanta yang dituduh melakukan kecurangan dalam tes standar yang diselenggarakan negara pada tahun 2009 untuk mendapatkan bonus dan promosi yang lebih baik.

Dia mendapatkan reputasi sebagai jaksa yang sangat terampil, bahkan di antara para terdakwa, kata Ms Redmon. Selama berada di kantor Kejaksaan, Redmon ingat pernah mendengar seorang terdakwa pernah memohon kepada seorang kerabatnya untuk mencoba mendapatkan saksi untuk meninggalkan kota karena jaksa yang menangani kasus mereka, Willis, adalah "seorang jenius".

Pada tahun 2020, setelah bertahun-tahun berpraktik pribadi, Willis memutuskan untuk berhadapan langsung dengan mantan bosnya, Jaksa Wilayah Fulton County selama enam periode, Paul Howard.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)