10 Miliarder Muslim Terkaya di Dunia, Adakah Pengusaha Indonesia?

Senin, 18 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
10 Miliarder Muslim Terkaya di Dunia, Adakah Pengusaha Indonesia?
Pangeran Al Waleed bin Talal Al Saud merupakan salah satu miliarde muslim di dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Sering dikatakan uang tidak mengenal agama. Memang benar demikian karena dunia memiliki orang-orang super kaya di setiap agama. Sedangkan, Islam adalah agama terpopuler kedua di dunia. Banyak pengikutnya yang sangat kaya.

Semua individu ini telah mencapai kemakmuran finansial yang luar biasa melalui kerja keras, tekad, dan semangat kewirausahaan. Mereka membuat negara dan agama mereka bangga.

10 Miliarder Muslim Terkaya di Dunia

1. Pangeran Al Waleed bin Talal Al Saud

10 Miliarder Muslim Terkaya di Dunia, Adakah Pengusaha Indonesia?

Foto/Reuters

Usia 68

Kebangsaan Arab Saudi

CEO Kingdom Holding Company

Kekayaan Bersih USD26,1 Miliar

Melansir Edudwar, Al Waleed bin Talal Al Saud adalah anggota keluarga kerajaan Arab Saudi. Sejauh ini, dia adalah orang Muslim terkaya di dunia. Dia mewarisi sejumlah besar uang. Namun, sebagian besar kekayaannya berasal dari 95% sahamnya di Kingdom Holding Company.

Perusahaan ini memiliki investasi di sektor perhotelan, pariwisata, jasa keuangan, media massa, pertanian, ritel, teknologi, petrokimia, penerbangan, dan real estate.

Gulf Business memasukkannya ke dalam 100 orang Arab paling berpengaruh dari tahun 2013 hingga 2021.


2. Aliko Dangote

10 Miliarder Muslim Terkaya di Dunia, Adakah Pengusaha Indonesia?

Foto/Reuters

Usia 66

Kebangsaan Nigeria

Kekayaan Bersih USD18,3 Miliar

Periksa Orang Terkaya di Dunia

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Aliko Dangote adalah orang terkaya di Afrika dan orang kulit hitam terkaya di dunia. Dia adalah seorang pengusaha dan industrialis Nigeria.

Pada tahun 2007, ia menjadi miliarder pertama di Nigeria dan sisanya tinggal sejarah. Aliko adalah pendiri dan CEO Dangote Group. Ini adalah konglomerat Industri terbesar di Afrika Barat.

3. Azim Hasyim Premji

Usia 78

Kebangsaan India

Pendiri Wipro

Kekayaan Bersih USD17,5 Miliar

Azim Premji adalah salah satu pengusaha paling terkenal di India. Dia adalah ketua Wipro Limited. Banyak ahli juga menjulukinya sebagai Tsar industri TI India. Premji juga terkenal dengan sumbangannya.

Pada tahun 2013, ia menyumbangkan hampir setengah kekayaannya. Setelah berdonasi lagi pada tahun 2019, ia merosot dari posisi ke-2 ke posisi ke-19 dalam daftar Orang Kaya Forbes India.

4. Nassef Sawiris

10 Miliarder Muslim Terkaya di Dunia, Adakah Pengusaha Indonesia?

Foto/Reuters

Usia 62

Kebangsaan Mesir

Kekayaan Bersih USD7,4 Miliar

Nassef Sawiris adalah seorang miliarder Mesir. Dia saat ini menjabat sebagai ketua Orascom Construction Industries dan CEO OCI N.V. Sebagian besar kekayaannya berasal dari investasi cerdasnya di industri konstruksi dan pupuk.

Sama seperti Premji, Sawiris juga terlibat dalam berbagai kegiatan amal di Mesir dan di seluruh dunia. Menurut Forbes, dia adalah orang terkaya di Mesir dan terkaya keempat di Afrika.

5. Issad Rebrab

10 Miliarder Muslim Terkaya di Dunia, Adakah Pengusaha Indonesia?

Foto/Reuters

Usia 79

Kebangsaan Aljazair

Kekayaan Bersih USD4,6 Miliar

Issad Rebrab adalah taipan bisnis Aljazair. Dia adalah CEO Grup Industri Cevital. Ini adalah perusahaan swasta terbesar di Aljazair. Ia telah berinvestasi di berbagai sektor termasuk agribisnis, ritel, dan manufaktur.

Bisnisnya mengalami guncangan pada tahun 2019 ketika ia dituduh melakukan pelanggaran pajak, perbankan, dan bea cukai. Dia adalah contoh ideal tentang bagaimana kemampuan mengambil risiko dan semangat kewirausahaan dapat membuat Anda sangat kaya.

6. Husain Sajwani

Usia 70 Tahun

Kebangsaan Uni Emirat Arab

Kekayaan Bersih USD4,5 Miliar

Hussain Sajwani adalah salah satu Muslim Arab terkaya di Dunia. Dia adalah pendiri dan ketua DAMAC Properties. Berbasis di Dubai, DAMAC Properties dikenal mengembangkan beberapa infrastruktur terbaik di dunia termasuk lapangan golf yang dirancang oleh Tiger Woods, Paramount Hotels and Resorts dalam kemitraan, dll.

Hussain Sajwani termasuk dalam 100 orang Arab paling berpengaruh secara global pada tahun 2017, 2018, dan 2020.

7. Muhammad Mansour

Usia 75

Kebangsaan Mesir

Grup Mansour

Kekayaan Bersih USD3,6 Miliar

Mohamed Mansour adalah salah satu orang terkaya dan paling berkuasa di Mesir. Dia adalah pemilik sembilan perusahaan Fortune 500 teratas di Mesir. Ia dilahirkan dengan sendok perak di keluarga bisnis paling terkemuka di Alexandria.

Dia menjadi berita utama dengan menyumbangkan ÂŁ5 juta kepada Partai Konservatif Inggris. Ini merupakan sumbangan terbesar kepada partai tersebut dalam lebih dari 20 tahun.

8. Naguib Sawiris

Usia 69 Tahun

Kebangsaan Mesir

CEO Orascom Investment Holding S.A.E.

Kekayaan Bersih USD3,3 Miliar

Lahir pada tahun 1954, Naguib Sawiris merupakan seorang pengusaha papan atas asal Mesir. Dia adalah CEO Orascom Investment Holding S.A.E. Dia bergabung dengan bisnis keluarganya pada akhir tahun 1970-an dan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi dalam waktu singkat.

Pada tahun 2014, Sawiris mengejutkan dunia bisnis dengan mengumpulkan USD4 miliar ketika ia menjual sahamnya di perusahaan telekomunikasinya ke perusahaan Rusia Vimplecom.

9. Abdulla Al Ghurair

Usia 94

Kebangsaan Uni Emirat Arab

Mashreqbank

Kekayaan Bersih $3 Miliar

Abdulla Al Ghurair adalah pendiri dan ketua Mashreqbank. Ini adalah salah satu bank swasta terbesar dan tertua di Uni Emirat Arab. Organisasi Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmiah Liga Arab (ALECSO) menunjuknya sebagai Duta Niat Baik pertama untuk pendidikan di dunia Arab pada tahun 2016.

Ghurair juga menyumbangkan jutaan dolar melalui organisasi amalnya bernama Abdulla Al Ghurair Foundation.

10. Najib Mikati

10 Miliarder Muslim Terkaya di Dunia, Adakah Pengusaha Indonesia?

Foto/Reuters

Usia 67

Kebangsaan Lebanon

Politisi Pekerjaan dan Pengusaha

Kekayaan Bersih USD2,8 Miliar

Banyak semua mengenal Najib Mikati sebagai perdana menteri Lebanon. Namun, tahukah Anda ia juga termasuk salah satu orang Islam terkaya? Sebelum terjun ke dunia politik pada tahun 1998, ia adalah seorang pengusaha ternama.

Dia adalah salah satu pendiri Investcom yang merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Afrika Selatan. Mikati juga berinvestasi di sektor lain seperti gas, transportasi, minyak, dan real estate.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)