Mengapa Hamas Konsisten untuk Mewujudkan Gencatan Senjata Menjelang Ramadan?

Rabu, 06 Maret 2024 - 15:55 WIB
loading...
Mengapa Hamas Konsisten untuk Mewujudkan Gencatan Senjata Menjelang Ramadan?
Hamas tetap konsisten mewujudkan gencatan senjata menjelang Ramadan. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kelompok pejuang Palestina Hamas mengatakan pihaknya akan terus berupaya mencapai gencatan senjata di Gaza dengan Israel meskipun tidak ada perunding Israel dalam putaran perundingan terakhir di Kairo.

“Kami menunjukkan fleksibilitas yang diperlukan untuk mencapai penghentian komprehensif agresi terhadap rakyat kami, namun pendudukan masih menghindari hak-hak perjanjian ini,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan, dilansir Reuters.

Para perunding dari Hamas, Qatar dan Mesir – namun bukan Israel – berada di Kairo untuk mencoba mencapai gencatan senjata selama 40 hari dalam perang antara Israel dan kelompok Islam tersebut menjelang bulan puasa Ramadhan, yang dimulai awal pekan depan.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Selasa bahwa Hamas berhak menerima kesepakatan mengenai gencatan senjata di Jalur Gaza dengan imbalan pembebasan sandera Israel, ketika delegasi mengadakan pembicaraan pada hari ketiga tanpa ada tanda-tanda. sebuah terobosan.

Kesepakatan yang diberikan kepada Hamas akan membebaskan beberapa sandera yang ditangkap oleh pejuang Palestina pada serangan Israel pada 7 Oktober yang memicu perang, sementara bantuan ke Gaza akan ditingkatkan untuk menghindari kelaparan karena rumah sakit merawat anak-anak yang menderita kekurangan gizi akut, dan Hamas akan memberikan daftarnya. dari seluruh sandera yang ditahan di Gaza.

Amerika Serikat pada hari Selasa merevisi pernyataan dalam rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk mendukung “gencatan senjata segera yang berlangsung sekitar enam minggu di Gaza bersamaan dengan pembebasan semua sandera,” menurut teks yang dilihat oleh Reuters.

Revisi ketiga dari rancangan undang-undang tersebut – pertama kali diusulkan oleh Amerika Serikat dua minggu lalu – kini mencerminkan pernyataan blak-blakan Wakil Presiden Kamala Harris yang menyerukan Israel untuk berbuat lebih banyak guna meringankan “bencana kemanusiaan” di Gaza.

Pembebasan sandera yang sakit, terluka, lanjut usia dan perempuan akan menghasilkan gencatan senjata segera di Gaza setidaknya selama enam minggu, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dan Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani menekankan pada pertemuan pada hari Selasa.

“Fase pertama gencatan senjata ini juga akan memungkinkan gelombang bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Gaza, dan memberikan waktu dan ruang untuk menjamin pengaturan yang lebih langgeng dan ketenangan yang berkelanjutan,” kata pernyataan Gedung Putih.

Sebelumnya di Beirut, pejabat Hamas Osama Hamdan mengulangi tuntutan utama kelompoknya: diakhirinya serangan militer Israel, penarikan pasukan Israel, dan kembalinya seluruh warga Gaza ke rumah-rumah yang terpaksa mereka tinggalkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)