Cuma di Haiti, Pemimpin Kartel Ancam Gulingkan Pemerintahan Berkuasa

Sabtu, 02 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
Cuma di Haiti, Pemimpin Kartel Ancam Gulingkan Pemerintahan Berkuasa
Kelompok kartel mengancam pemerintahan di Haiti. Foto/Reuters
A A A
PORT-AU-PRINCE - Pemimpin kelompok kejahatan Haiti Jimmy Cherizier, juga dikenal sebagai Barbecue, memperingatkan bahwa dia akan terus berusaha menggulingkan Perdana Menteri Ariel Henry. Dia =meminta keluarga-keluarga untuk melarang anak-anak pergi ke sekolah untuk "menghindari kerusakan tambahan" ketika kekerasan meningkat di beberapa bagian ibu kota.

Tembakan senjata dan gangguan lalu lintas terlihat di beberapa wilayah ibu kota Haiti, di mana lebih banyak orang meninggalkan rumah mereka di dekat lokasi pertempuran, sementara bus-bus yang terbakar tergeletak di jalan-jalan dan barikade-barikade yang terbakar memenuhi udara dengan asap tebal berwarna abu-abu.

"Pertempuran akan berlangsung selama diperlukan. Kami akan terus melawan Ariel Henry. Untuk menghindari dampak buruk, jagalah anak-anak di rumah," kata pemimpin kartel itu pada konferensi pers.

Cherizier adalah mantan petugas polisi yang memimpin aliansi geng dan mengganggu negara ketika dia memblokir terminal minyak terbesarnya pada tahun 2022. Dia menghadapi sanksi dari PBB dan Departemen Keuangan Amerika Serikat.

Pada Jumat malam, ada laporan bahwa orang-orang bersenjata berusaha mengambil alih pelabuhan peti kemas utama ibu kota, ketika geng-geng tersebut mengancam akan menyerang lebih banyak kantor polisi di kota tersebut. Reuters tidak dapat segera memverifikasi laporan-laporan ini.

Sementara itu, sebuah video yang menjadi viral di media sosial menunjukkan dua polisi terbunuh, yang menurut pemimpin serikat polisi SYNAPOHA Lionel Lazare kepada Reuters menggambarkan pembunuhan beberapa dari empat petugas yang terbunuh pada hari Kamis.



Anggota serikat polisi lainnya, SPNH, berkumpul di luar markas pasukan pada hari sebelumnya untuk menyerukan pemulihan jenazah.

Dalam sebuah pernyataan, kantor Perdana Menteri Henry mengatakan mereka “marah dengan tindakan kekerasan dan teror yang dilakukan oleh bandit bersenjata,” dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban, dan mengatakan pemerintah akan terus berupaya menyelesaikan konflik tersebut.

Kekerasan meningkat selama kunjungan Henry ke Kenya minggu ini. Kedua negara menandatangani kesepakatan keamanan yang diharapkan Nairobi akan memenuhi keberatan pengadilan dalam negeri terhadap rencananya mengirim 1.000 petugas polisi untuk memimpin misi yang disetujui PBB yang bertujuan untuk mengatasi kekerasan geng di Haiti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)