5 Fakta Negara Transnistria, Negara Kecil yang Meminta Dukungan dari Rusia

Sabtu, 02 Maret 2024 - 11:52 WIB
loading...
5 Fakta Negara Transnistria, Negara Kecil yang Meminta Dukungan dari Rusia
Patung pemimpin komunis Lenin terlihat di depan gedung parlemen di Tiraspol, Transdniestria atau Transnistria, yang memproklamirkan diri lepas dari Moldova. Foto/REUTERS/Gleb Garanich
A A A
TIRASPOL - Transnistria merupakan salah satu negara kecil di wilayah Eropa Timur yang berbatasan dengan Ukraina. Saat ini negara tersebut tengah meminta bantuan dari Rusia untuk menghadapi tekanan dari Moldova.

Tiraspol menyebutkan jika Moldova telah melancarkan perang ekonomi dengan memblokir impor penting dengan tujuan mengubah negara kecil itu menjadi kawasan terbelakang. Namun pernyataan ini justru ditentang oleh pihak Moldova.

Jika memang permintaan dukungan ini disetujui oleh Moskow, maka ini bakal jadi mimpi buruk bagi Ukraina yang nantinya akan mendapat tekanan dari dua sisi.

Lantas sebenarnya negara apakah Transnistria itu dan apa kaitan mereka dengan Rusia? Pertanyaan ini akan dijawab melalui fakta berikut.

Fakta Negara Transnistria

1. Pernah Jadi Negara Bagian dari Moldova


Menurut BBC, Transnistria atau Trans-Dniester merupakan sebidang tanah sempit antara sungai Dniester dan perbatasan Ukraina yang telah memisahkan diri dari Moldova pada tahun 1990.

Sayangnya keberadaan negara ini tidak diakui oleh komunitas internasional karena perselisihannya dengan Moldova.

Referendum kemerdekaan pada bulan September 2006, yang tidak diakui oleh Moldova atau komunitas internasional, menunjukkan bahwa wilayah tersebut menegaskan kembali tuntutannya untuk kemerdekaan dan memberikan suara untuk mendukung persatuan dengan Rusia.

2. Akar Konflik dengan Moldova


Transnistria yang sebelumnya merupakan negara yang dikuasai Uni Soviet ini adalah bagian otonom Ukraina, dan wilayah tetangga Bessarabia. Sehingga sebagian besar penduduk di wilayah ini menggunakan bahasa Rusia.

Namun di hari-hari terakhir Uni Soviet, kekhawatiran muncul di wilayah Dniester atas meningkatnya nasionalisme Moldova.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)