5 Anjing Milik Pemimpin Dunia yang Suka Bikin Onar dan Jahil

Sabtu, 24 Februari 2024 - 21:21 WIB
loading...
5 Anjing Milik Pemimpin Dunia yang Suka Bikin Onar dan Jahil
Commander, anjing kesayangan Presiden AS Joe Biden, kerap membuat onar dan mengigit orang. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Anjing keluarga Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Commander, telah menggigit personel Dinas Rahasia AS setidaknya 24 kali. Ini adalah laporan terbaru dari Commanderyang menantang agen senior.

Namun, Commander bukanlah anjing presiden pertama atau satu-satunya yang memicu perdebatan di AS dan seluruh dunia.

5 Anjing Milik Pemimpin Dunia yang Suka Bikin Onar

1. Commander

5 Anjing Milik Pemimpin Dunia yang Suka Bikin Onar dan Jahil

Foto/Reuters

Hewan peliharaan keluarga Biden, Commander, meninggalkan Gedung Putih tahun lalu, satu minggu setelah seorang agen Dinas Rahasia memerlukan perawatan medis karena gigitannya yang parah.

Commander, seekor Anjing Gembala Jerman, mengalami setidaknya 24 episode gigitan antara Oktober 2022 dan Juli 2023 menurut email internal yang dirilis yang diposting online.

“Gigitan anjing baru-baru ini menantang kami untuk menyesuaikan taktik operasional kami ketika Komandan hadir – tolong beri banyak ruang,” kata seorang agen khusus kepada timnya, dilansir Al Jazeera. Dia menambahkan bahwa mereka “harus kreatif untuk memastikan keselamatan pribadi kami.”

Dinas Rahasia mengkonfirmasi keaslian dokumen tersebut.

Dinas Rahasia sebelumnya telah mengakui bahwa 11 agennya telah digigit anjing tersebut.

Email tersebut tidak hanya mendokumentasikan insiden tersebut tetapi juga mencerminkan keprihatinan di kalangan petugas. Menurut email tersebut, anggota Dinas Rahasia digigit di pergelangan tangan, lengan bawah, siku, pinggang, dada, paha dan bahu.

Commander bergabung dengan keluarga tersebut pada Desember 2021 saat masih kecil.

Anjing Gembala Jerman adalah anjing kedua Biden di Gedung Putih yang menunjukkan perilaku agresif. Anjing Gembala Jerman Biden lainnya, Mayor, akhirnya dipindahkan untuk tinggal bersama teman-temannya di Delaware. Komandan juga tidak lagi berada di Gedung Putih.

2. Lennu dari Finlandia Menjadi Pencuri Perhatian

Mendiang anjing pertama Finlandia, Lennu, seekor anjing terrier Boston adalah seorang selebriti di Finlandia, dan sekitarnya.

Ia kerap diikutsertakan dalam penampilan resmi Presiden Saulo Niinisto yang akan segera meninggalkan jabatannya. Menurut laporan New York Times, potret Lennu yang sedang menyeringai dibagikan di Twitter lebih dari 50.000 kali dan disukai hampir 150.000 kali setelah diposting oleh seorang reporter.

Di AS, Lennu tampil dalam Pertunjukan Malam Ini Dibintangi oleh Jimmy Fallon. Di Finlandia, anjing juga mempunyai kue yang diberi nama menurut namanya.

Anjing terrier Boston adalah pencuri perhatian — sering kali menemukan kamera untuk dilihat bahkan ketika politisi berpengalaman seperti Niinisto sedang menatap ke tempat lain. Lennu meninggal pada Mei 2021 karena tumor kelenjar pituitari.

3. Anjing Diplomasi Putin

5 Anjing Milik Pemimpin Dunia yang Suka Bikin Onar dan Jahil

Foto/Reuters

Di Jerman, Vladimir Putin dari Rusia membawa Labradornya untuk bertemu dengan mantan Kanselir Angela Merkel dalam konferensi pers pada tahun 2007.

Merkel, yang dikabarkan takut pada anjing sejak diserang pada tahun 1995, difoto terlihat tidak nyaman saat Koni muncul di pertemuan tersebut.

“Saya ingin melakukan sesuatu yang baik untuknya,” kata Putin sambil tampak tersenyum di foto-foto tersebut. “Ketika saya mengetahui bahwa dia tidak menyukai anjing, tentu saja saya meminta maaf.”

Menurut laporan, dia kemudian mengatakan kepada wartawan, “Saya mengerti mengapa dia harus melakukan ini – untuk membuktikan bahwa dia laki-laki… Dia takut akan kelemahannya sendiri. Rusia tidak punya apa-apa, tidak punya politik atau ekonomi yang sukses. Yang mereka miliki hanyalah ini.”

Meski Merkel mungkin tidak menyukai anjing, Putin menyayangi mereka. Sedemikian rupa sehingga para pemimpin dunia lainnya sering menghadiahkannya anjing. Di tengah ketegangan dengan Rusia pada tahun 2017, Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov menyerahkan seekor anjing Alabai kepada Putin, ras langka yang banyak ditemukan di Asia Tengah. Bulgaria dan Jepang sudah dari mereka juga menghadiahkan anjing kepada Putin.

Koni, anjing yang rupanya membuat takut Merkel, adalah hadiah dari Menteri Pertahanan Sergei Shoigu untuk Putin.

4. Fala, Anjing Milik Franklin Delano Roosevelt

Jauh sebelum Donald Trump, presiden AS telah menuduh lawan-lawan mereka menyebarkan “berita palsu”.

Pada tahun 1944, lawan Presiden AS Franklin Delano Roosevelt mengklaim bahwa ia telah meninggalkan anjing terrier Skotlandia miliknya, Fala, setelah berkunjung ke Alaska. Mereka mengatakan dia harus kembali untuk mendapatkan kembali anjing itu, yang menyebabkan kerugian beberapa juta dolar bagi bendahara.

Tidak ada bukti bahwa hal ini terjadi, dan Roosevelt menyatakan hal itu tidak terjadi. Namun dia juga menggunakannya untuk menarik simpati bagi dirinya sendiri – dan bagi Fala – dalam pidatonya yang disiarkan secara nasional.

“Para pemimpin Partai Republik ini tidak puas dengan serangan terhadap saya, istri saya, atau putra saya. Enggak, belum puas, sekarang mereka termasuk anjing kecil saya, Fala,” ujarnya.

“Tentu saja, saya tidak membenci serangan, dan keluarga saya juga tidak membenci serangan – namun Fala memang membencinya. Anda tahu, Fala adalah orang Skotlandia, dan sebagai orang Skotlandia, segera setelah dia mengetahui bahwa para penulis fiksi Partai Republik, di dalam dan di luar Kongres, telah mengarang cerita yang saya tinggalkan untuknya di Kepulauan Aleutian dan mengirim kapal perusak kembali untuk menemukannya. dia… jiwa Scotch-nya sangat marah. Sejak saat itu, dia bukan lagi anjing yang sama,” tambahnya.

Patung Fala di samping FDR ditampilkan di Franklin Delano Roosevelt Memorial di Washington.

5. Anjing Mata-mata Pushinka

Selama Perang Dingin, pemimpin Soviet Nikita Khrushchev menghadiahkan kepada Presiden AS John Kennedy seekor anjing bernama Pushinka, yang ibunya adalah salah satu anjing pertama yang terbang ke luar angkasa dan kembali hidup.

Ketika Pushinka (“halus” dalam bahasa Rusia) tiba di Washington, banyak yang curiga bahwa dia adalah mata-mata dan mungkin menyembunyikan alat pendengar.

“Setelah serangkaian pengujian bom dan kuman serta alat pendengar lainnya… [Pushinka] kemudian jatuh cinta pada anjing terrier kesayangan Presiden Kennedy, Charlie,” kata Jennifer Pickens, sejarawan Gedung Putih menurut laporan NPR.

Pushinka melahirkan empat anak anjing yang akrab disebut oleh Kennedy sebagai pupniks.

Gedung Putih menerima sekitar 5.000 permintaan yang menanyakan apakah mereka boleh memiliki anak anjing tersebut.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)