Akankah Pendiri WikiLeaks Julian Assange Diekstradisi ke AS?

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:11 WIB
loading...
Akankah Pendiri WikiLeaks Julian Assange Diekstradisi ke AS?
Julian Assange berjuang untuk menghindari ekstradisi ke AS. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Pendiri WikiLeaks Julian Assange melakukan upaya terakhir untuk mencegah ekstradisinya ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuntutan pidana atas spionase dan publikasi informasi rahasia.

WikiLeaks menimbulkan badai diplomatik setelah menerbitkan sejumlah besar dokumen rahasia militer pada tahun 2010 dan 2011. Washington ingin mengadilinya atas kebocoran yang dikatakannya merusak keamanan nasionalnya.

Akankah Pendiri WikiLeaks Julian Assange Diekstradisi ke AS?

1. Inggris Mendukung Ekstradisi Assange ke AS

Akankah Pendiri WikiLeaks Julian Assange Diekstradisi ke AS?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, dua hakim senior akan mendengarkan argumen dari tim hukum Assange selama dua hari mulai Selasa.

Pengadilan Tinggi Inggris pada tahun 2021 memerintahkan ekstradisi Assange, yang dikuatkan oleh Mahkamah Agung setahun kemudian. Mantan Menteri Dalam Negeri Priti Patel menyetujui perintah ekstradisi Assange pada April 2022.

Assange kelahiran Australia, yang telah dipenjara sejak 2019, menginginkan peninjauan kembali perintah ekstradisi mantan Menteri Dalam Negeri dan menantang perintah pengadilan tahun 2021 dalam sidang dua hari.

2. Kasus Lama sejak 2006 dan Merilis Puluhan Ribu Dokumen Rahasia

Akankah Pendiri WikiLeaks Julian Assange Diekstradisi ke AS?

Foto/Reuters

Pada tahun 2006, Assange meluncurkan WikiLeaks, sebuah platform online di mana orang dapat secara anonim mengirimkan kebocoran rahasia seperti dokumen dan video.

Pada bulan April 2010, WikiLeaks merilis rekaman yang menunjukkan serangan helikopter Apache AS yang menewaskan belasan orang, termasuk dua jurnalis Reuters, di ibu kota Irak, Bagdad. Hal ini menyebabkan platform ini menjadi terkenal.

Juga pada tahun 2010, mereka merilis lebih dari 90.000 dokumen rahasia militer AS mengenai perang Afghanistan, dan hampir 400.000 dokumen rahasia AS mengenai perang Irak. Kebocoran tersebut merupakan pelanggaran keamanan terbesar dalam sejarah militer AS.

WikiLeaks juga merilis 250.000 kabel diplomatik rahasia dari kedutaan besar AS di seluruh dunia, dengan beberapa informasi diterbitkan oleh surat kabar seperti The New York Times dan The Guardian Inggris.

Politisi dan pejabat militer AS, yang marah dengan kebocoran tersebut, berpendapat bahwa publikasi informasi yang tidak sah dapat membahayakan nyawa.

Pada tahun 2013, Chelsea Manning, mantan analis intelijen militer, dijatuhi hukuman karena membocorkan ribuan pesan rahasia ke WikiLeaks. Dia menjalani tujuh tahun penjara militer sebelum dibebaskan atas perintah Presiden Barack Obama.

3. Assange Didakwa 18 Kasus

Akankah Pendiri WikiLeaks Julian Assange Diekstradisi ke AS?

Foto/Reuters

Assange telah didakwa di AS atas 18 dakwaan atas publikasi ratusan ribu dokumen rahasia pada tahun 2010 oleh WikiLeaks. Tujuh belas dari tuduhan ini adalah untuk spionase sementara satu lagi untuk penyalahgunaan komputer.

Pengacara AS mengatakan Assange bersalah karena berkonspirasi dengan Manning dan mencoba meretas komputer Pentagon.

Penuntutan terhadap Assange dilakukan berdasarkan Undang-Undang Spionase tahun 1917, yang belum pernah digunakan untuk mempublikasikan informasi rahasia.

Para pendukung Assange berpendapat bahwa Assange harus dilindungi berdasarkan kebebasan pers yang diberikan oleh Amandemen Pertama Konstitusi AS dan ia telah bertindak sebagai jurnalis untuk mengungkap kesalahan militer AS. Amnesty telah mengeluarkan pernyataan yang meminta pihak berwenang AS untuk membatalkan dakwaan tersebut, dan menganggap tindakan pemerintah terhadap Assange sebagai “serangan besar-besaran terhadap hak atas kebebasan berekspresi”.

“Julian telah didakwa menerima, memiliki, dan mengkomunikasikan informasi kepada publik tentang bukti kejahatan perang yang dilakukan oleh pemerintah AS,” kata istri Assange, Stella. “Melaporkan kejahatan bukanlah kejahatan.”

4. Jika Diekstradisi, Assange Akan Mati

Akankah Pendiri WikiLeaks Julian Assange Diekstradisi ke AS?

Foto/Reuters

Assange, kini berusia 52 tahun, lahir di Townsville, Australia, pada Juli 1971.

Assange menikah dengan Stella Assange, seorang pengacara yang bertemu dengannya pada tahun 2011 ketika dia dipekerjakan sebagai bagian dari tim hukumnya.

Stella, awalnya bernama Sara Gonzalez Devant, mengubah namanya menjadi Stella Moris pada tahun 2012 untuk melindungi dirinya dan keluarganya saat bekerja dengan Assange.

“Hidupnya terancam setiap hari dia dipenjara, dan jika dia diekstradisi, dia akan mati,” kata Stella.

Istri Assange sangat vokal membela suaminya. Pasangan ini memiliki dua anak dan menikah pada Maret 2022.


5. Proses Perlawanan Hukum yang Panjang

Akankah Pendiri WikiLeaks Julian Assange Diekstradisi ke AS?

Foto/Reuters

Meskipun AS baru secara resmi membuka tuntutan pidana terhadap Assange pada tahun 2019, perjuangan hukumnya berlangsung selama 13 tahun.

Pada tanggal 18 November 2010, Pengadilan Swedia memerintahkan penangkapan Assange atas tuduhan pemerkosaan yang dilakukan oleh dua wanita sukarelawan WikiLeaks asal Swedia. Assange membantah tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa kasus di Swedia adalah alasan untuk mengekstradisinya, atau menyerahkannya, ke AS untuk menghadapi dakwaan atas rilis WikiLeaks.

Pada bulan Desember 2010, Assange ditangkap di Inggris berdasarkan Surat Perintah Penangkapan Eropa tetapi dibebaskan dengan jaminan.

Pengadilan Westminster Magistrates di London pada tahun 2011 memerintahkan Assange untuk diekstradisi ke Swedia, namun ia mengajukan banding atas keputusan tersebut. Pada tahun 2012, banding terakhirnya ditolak oleh Mahkamah Agung Inggris, setelah itu ia mencari suaka di Kedutaan Besar Ekuador di London.

Suaka diberikan, namun dicabut pada April 2019, setelah itu Assange berteriak-teriak dibawa keluar dari kedutaan. Sepanjang masa suakanya, polisi Inggris berpatroli di kedutaan, mengatakan Assange akan ditangkap jika dia meninggalkan gedung tersebut karena kegagalannya menyerahkan diri dengan jaminan sebelumnya. Kedua anaknya lahir saat dia bersembunyi di dalam kedutaan.

Pada bulan Juni 2019, Departemen Kehakiman AS secara resmi meminta pihak berwenang Inggris untuk menyerahkan Assange ke AS, di mana ia akan menghadapi dakwaan. Pihak berwenang Swedia membatalkan penyelidikan pemerkosaan terhadap Assange pada tahun 2019, dengan alasan bahwa bukti-bukti tersebut tidak cukup kuat untuk mengajukan tuntutan, sebagian karena berjalannya waktu.

Sidang ekstradisi dimulai pada Februari 2020, namun ditunda setelah seminggu. Pada bulan Januari 2021, di London, Hakim Vanessa Baraitser menyimpulkan bahwa Assange tidak boleh dikirim ke AS karena kesehatan mentalnya yang lemah, dan menambahkan ada risiko dia akan mencoba bunuh diri.

6. Kesehatan Yang Memburuk

Akankah Pendiri WikiLeaks Julian Assange Diekstradisi ke AS?

Selain kesehatan mentalnya, kesehatan fisik Assange juga menurun di penjara. Pada Oktober 2021, ia mengalami stroke ringan. Dia juga mengalami patah tulang rusuk karena batuk. Istrinya mengatakan dia telah menua sebelum waktunya.

Namun, pihak berwenang AS memenangkan banding pada bulan Desember 2021 di Pengadilan Tinggi London terhadap keputusan tersebut, setelah memberikan paket jaminan tentang kondisi penahanan Assange jika terbukti bersalah, termasuk janji bahwa ia dapat dipindahkan ke Australia untuk menjalani hukuman apa pun.

Jika Assange dan tim kuasa hukumnya berhasil, kasusnya akan dipindahkan ke tingkat banding penuh.

Jika dia gagal, timnya akan mengajukan banding ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa (ECHR) di mana permohonannya sudah diajukan dan bisa menghentikan ekstradisinya. Namun, mereka khawatir Assange akan diekstradisi sebelum Pengadilan Eropa menangani kasus tersebut.

Tim Assange berencana untuk berargumen bahwa ia tidak bisa mendapatkan pengadilan yang adil di AS, bahwa perjanjian antara AS dan Inggris melarang ekstradisi untuk pelanggaran politik, dan bahwa kejahatan spionase tidak dimaksudkan untuk diterapkan pada penerbit.

Jika Assange diekstradisi, para pendukungnya mengatakan dia bisa ditahan di penjara dengan keamanan tinggi di AS dan jika terbukti bersalah bisa menghadapi hukuman penjara 175 tahun. Jaksa AS mengatakan hukumannya tidak akan lebih lama dari 63 bulan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)