Mengejutkan, Putin Lebih Pilih Biden Pimpin AS daripada Trump

Kamis, 15 Februari 2024 - 08:08 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan keengganan Trump untuk mengkritik Putin pada masa jabatan pertamanya dan komentar-komentarnya baru-baru ini—termasuk wawancara akhir pekan di mana dia mengatakan bahwa dia akan mendorong Rusia untuk menyerang anggota NATO yang gagal mengeluarkan dana yang cukup untuk pertahanan mereka sendiri—banyak pengkritiknya percaya bahwa dia akan memberikan perjalanan yang lebih mudah bagi pemimpin Kremlin.

Putin membiarkan dirinya memberikan pendapat mengenai kedua kandidat presiden AS tersebut, dan bahkan membahas masalah sensitif kesehatan mental Biden, meskipun dia mengatakan bahwa campur tangan dalam kampanye adalah tindakan yang salah.

“Ketika saya bertemu Biden di Swiss—benar, itu terjadi beberapa tahun, tiga tahun lalu—orang-orang sudah mengatakan dia tidak sanggup melakukannya. Saya tidak melihat hal semacam itu,” kata Putin.

Saat tampil membela Biden, dia mengungkit sebuah episode yang mempermalukan pemimpin AS itu, ketika kepalanya terbentur saat keluar dari helikopter pada Juni tahun lalu.

"Ya, siapa di antara kita yang belum pernah membenturkan kepalanya ke suatu tempat?" kata Putin.

"Trump, telah disebut sebagai politisi non-sistemik; dia memiliki pandangannya sendiri mengenai topik bagaimana Amerika Serikat harus mengembangkan hubungan dengan sekutu-sekutunya," paparnya.

Putin telah menjabat sebagai presiden atau perdana menteri sejak tahun 1999, namun pada usia 71 tahun, dia satu dekade lebih muda dari Biden dan enam tahun lebih muda dari Trump.

Dia dipastikan akan memenangkan masa jabatan enam tahun baru dalam pemilu bulan depan, dan dua kandidat yang menentang perang di Ukraina telah didiskualifikasi karena menunjukkan dokumen yang tidak valid.

Pada tahun 2020, sebuah laporan oleh komite intelijen Senat AS menemukan bahwa Rusia telah mencoba memengaruhi pemilihan presiden AS tahun 2016 untuk membantu Trump, yang mengalahkan Hillary Clinton.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)