5 Tokoh Muslim Musuh Israel saat Ini, Punya Pengaruh Besar

Selasa, 06 Februari 2024 - 14:49 WIB
loading...
5 Tokoh Muslim Musuh Israel saat Ini, Punya Pengaruh Besar
Ayatollah Ali Khamenei, satu dari beberapa tokoh muslim yang menjadi musuh Israel saat ini. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah tokoh Muslim yang menjadi musuh Israel saat ini. Salah satunya adalah Ayatollah Ali Khamenei, Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran.

Sejak didirikan sebagai negara pada 1948, Israel memiliki banyak musuh dari negara-negara Islam atau pun negara mayoritas muslim. Rezim Zionis Israel dimusuhi karena negara mereka didirikan di tanah Palestina yang direbut.

Permusuhan itu berlanjut hingga sekarang, dan semakin memanas ketika Israel membombardir Gaza secara brutal sebagai respons atas serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Tokoh-tokoh muslim yang bermusuhan dengan Israel, termasuk petinggi Hamas, telah muncul menyuarkan perlawanan.

5 Tokoh Muslim Musuh Israel


1. Ali Khamenei


Ayatollah Ali Khamenei merupakan Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran. Tak hanya di negaranya, pengaruh Khamenei meluas ke berbagai negara Timur Tengah yang sama-sama memusuhi rezim Zionis Israel.

Dalam perang Gaza, Khamenei menegaskan dukungan politik dan moral kepada para petinggi Hamas termasuk Ismail Haniyeh.

Selain itu, petinggi Iran ini juga kerap mengecam langkah negara-negara Arab yang telah maupun yang berupaya melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Menurutnya, mereka yang mencoba membangun hubungan kembali dengan Tel Aviv sebagai pihak yang “bertaruh pada kekalahan”.

Selama bertahun-tahun, Khamenei juga mengumbar ancaman pelenyapan negara Israel, yang dia anggap “kanker” bagi Timur Tengah.


2. Ismail Haniyeh


Ismail Haniyeh adalah Kepala Biro Politik Hamas.

Sebagai musuh utama, rezim Zionis Israel menjadikannya sebagai salah satu orang yang paling diburu sejak perang terbaru pecah di Gaza pada 7 Oktober 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)