Deretan Kapal yang Dibom Kelompok Houthi di Laut Merah, Siapa Saja?

Jum'at, 02 Februari 2024 - 17:00 WIB
loading...
A A A
Meski Houthi mengklaim kapal tersebut menuju Israel, pemiliknya mengatakan Strinda sedang dalam perjalanan menuju Italia.

4. Maersk Gibraltar


Kapal kontainer berbendera Hongkong ini sempat jadi sasaran Houthi ketika ditembak menggunakan rudal balistik saat perjalanan dari Oman ke Arab Saudi. Namun, serangan mereka meleset.

5. Al Jasrah


Kapal berbendera Liberia ini menjadi korban serangan UAV Houthi pada 15 Desember 2023. Serangan tersebut menyebabkan kerusakan dan kebakaran kecil pada kapal.

Pada akhirnya, kapal Al Jasrah memilih putar balik dan keluar dari area Laut Merah.

6. Khalissa


Kapal berbendera Panama ini membawa minyak mentah dari Rusia. Mereka ditembak di Teluk Aden setelah melintasi Bab el-Mandeb. Untungnya, tembakan rudal Houthi meleset.

7. Genco Picardy


Berikutnya ada Genco Picardy. Kapal curah milik AS ini berlayar dari Mesir dengan tujuan India.

Saat berada di Teluk Aden, Houthi menyerangnya dengan UAV. Meski ada beberapa kerusakan, namun pelayaran tetap dilanjutkan.

8. Sai Baba


Kapal dengan bendera Gabon ini diserang pada 23 Desember 2023. Awalnya, Houthi menembakkan rudal anti kapal, namun meleset.

Kemudian, mereka mencoba menyerang kembali dengan sebuah drone tanpa awak. Meski sempat kena, kapal tanker yang membawa minyak mentah itu tetap melanjutkan pelayaran.

9. Palatium III


Kapal Palatium III diserang Houthi pada 15 Desember 2023 di Bab el-Mandeb. Kapal kontainer yang sedang menuju Arab Saudi ini diserang menggunakan rudal balistik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)