Daftar Negara Anggota UNRWA, Lengkap dengan Sejarah Berdirinya

Rabu, 31 Januari 2024 - 14:05 WIB
loading...
Daftar Negara Anggota UNRWA, Lengkap dengan Sejarah Berdirinya
Warga Palestina berada di depan kantor pusat UNRWA di Gaza. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees (UNRWA) merupakan badan bentukan PBB yang menyokong berbagai bentuk bantuan untuk pengungsi Palestina.

Dilansir dalam laman resminya, UNRWA didirikan berdasarkan Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa 302 (IV) tanggal 8 Desember 1949 untuk melaksanakan program bantuan dan kerja langsung bagi pengungsi Palestina.

Terbentuknya badan ini dilatarbelakangi dari pecahnya Perang Arab-Israel tahun 1948, dan eksodus orang-orang Arab Palestina.

Dari situlah PBB mengeluarkan Resolusi 212 (III), tertanggal 19 November 1948, demi membentuk UNRPR (Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina) yang akan memberikan bantuan darurat.

Tak lama setelah itu, PBB juga membentuk Komisi Konsiliasi PBB untuk Palestina (UNCCP), yang diberi mandat untuk membantu mencapai penyelesaian akhir antara pihak-pihak yang bertikai.

Sayangnya UNCCP tidak dapat menyelesaikan “masalah Palestina”, mereka merekomendasikan pembentukan “badan PBB yang dirancang untuk melanjutkan kegiatan bantuan dan memulai proyek penciptaan lapangan kerja” sementara resolusi akhir masih tertunda.

Dari situlah UNRWA mulai terbentuk menggantikan UNRPR dengan mandat yang lebih luas untuk bantuan dan pembangunan kemanusiaan, dan persyaratan untuk berfungsi secara netral.

Badan yang mulai beroperasi pada 1 Mei 1950 ini memberikan berbagai layanan untuk para pengungsi, meliputi pendidikan, layanan kesehatan, bantuan dan layanan sosial, infrastruktur dan perbaikan kamp, keuangan mikro dan bantuan darurat.

Menurut Britannica, UNRWA awalnya bermarkas di Beirut, Lebanon, namun dipindahkan ke Wina, Austria, pada tahun 1978.

Hingga di tahun 1996 Majelis Umum memindahkan badan tersebut ke Jalur Gaza untuk menunjukkan komitmen Majelis terhadap proses perdamaian Arab-Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)