Hamas Kecam Rencana Israel Hendak Bangun Permukiman Yahudi di Gaza

Senin, 29 Januari 2024 - 15:59 WIB
loading...
Hamas Kecam Rencana Israel Hendak Bangun Permukiman Yahudi di Gaza
Israel berencana membangun pemukiman Yahudi di Gaza yang dikecam Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Hamas mengecam konferensi “Kembali ke Gaza” di Israel bertentangan dengan keputusan sementara Mahkamah Internasional (ICJ) mengenai perang di Gaza. Mereka menentang segala bentuk hadirnya permukiman Yahudi di Gaza.

"Israel mengabaikan hukum internasional dan resolusi PBB dengan secara terbuka menyerukan migrasi sukarela warga Palestina pada konferensi tersebut, yang juga menguraikan 21 pemukiman ilegal Israel baru," demikian pernyataan Hamas, dilansir Al Jazeera.

“Kami menyerukan komunitas internasional dan PBB untuk mengambil sikap tegas… dan mengutuk konferensi tersebut dengan jelas sebagai konferensi fasis yang didasarkan pada gagasan pembersihan etnis," demikian pernyataan Hamas, dilansir Al Jazeera.

Ratusan anggota komunitas pemukim Israel berkumpul untuk sebuah konvensi di Yerusalem pada hari Minggu yang menyerukan Israel untuk membangun kembali pemukiman di Gaza, membuka babak baru baru dan bagian utara Tepi Barat yang Diduduki.

Israel menarik militer dan pemukimnya dari Gaza pada tahun 2005 setelah pendudukan selama 38 tahun, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pihaknya tidak bermaksud untuk mempertahankan kehadiran permanen lagi, namun Israel akan mempertahankan kontrol keamanan untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

Konferensi ini diselenggarakan oleh organisasi sayap kanan Nahala, yang mengadvokasi perluasan pemukiman Yahudi di wilayah-wilayah termasuk Tepi Barat, di mana pemukiman tersebut diklasifikasikan sebagai ilegal oleh kelompok internasional dan kemanusiaan dan di mana bentrokan kekerasan antara pemukim dan warga Palestina sering terjadi.



Konferensi yang bertajuk “Pemukiman Membawa Keamanan” ini tidak diselenggarakan oleh pemerintah Israel, meskipun koalisi sayap kanan Israel telah dikritik karena mendukung perluasan pemukiman, sebuah posisi yang dianggap menghambat kemungkinan solusi dua negara dengan Palestina di masa depan.

Channel 12 Israel melaporkan bahwa 12 menteri dari partai Likud pimpinan Netanyahu, bersama dengan menteri keamanan publik Itamar Ben Gvir dan menteri keuangan Bezalel Smotrich – keduanya dari partai sayap kanan dalam koalisi pemerintahan – menghadiri konferensi tersebut.

Smotrich mengatakan bahwa banyak anak-anak yang dievakuasi dari permukiman di Gaza telah kembali sebagai tentara untuk berperang melawan Hamas dan dia menentang keputusan pemerintah untuk mengevakuasi permukiman Yahudi dari Gaza di masa lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)