Profil Kelompok Pejuang Irak Brigade Sayyid al-Shuhada yang Ikut Menghadang Israel

Jum'at, 26 Januari 2024 - 18:01 WIB
loading...
Profil Kelompok Pejuang Irak Brigade Sayyid al-Shuhada yang Ikut Menghadang Israel
Brigade Sayyid al-Shuhada menggelar parade di Irak. Foto/YPA
A A A
BAGHDAD - Brigade Sayyid al-Shuhada atau Kata'ib Sayyid al-Shuhada (KSS) atau Brigade ke-14 adalah milisi Syiah Irak yang dibentuk pada tahun 2013.

Mereka memiliki misi yang dinyatakan untuk melindungi "tempat suci (Syiah) di seluruh dunia", menjaga "persatuan Irak" dan "mengakhiri konflik sektarian".

KSS menurut sejumlah laporan didanai, dilatih dan diperlengkapi oleh Pasukan Quds Korp Garda Revolusi Iran (IRGC) dan Hizbullah Lebanon.

Kelompok ini digambarkan sebagai proksi Iran, dan merupakan salah satu pejuang asli yang membentuk Pasukan Mobilisasi Populer pada tahun 2014.

Brigade Sayyid al-Shuhada disinyalir memiliki hubungan dekat dengan Organisasi Badr dan Korps Garda Revolusi Islam.

KSS juga aktif di Suriah, dengan fokus utamanya adalah perlindungan Masjid Sayyidah Zaynab di pinggiran selatan Damaskus.

Mereka secara militer mendukung Pemerintahan Presiden Bashar al-Assad dalam Perang Saudara Suriah.



Kelompok pejuang itu pun terlibat dalam Pertempuran Al-Shaykh Maskin pada bulan Desember 2014 di Suriah untuk mendukung tentara Suriah.

Pada tanggal 17 November 2023, KSS dan pemimpinnya Hashim Finyan Rahim al-Saraji (juga dikenal sebagai Abu Ala al-Walai) ditetapkan sebagai Teroris Global yang Ditunjuk Khusus (SDGT) di bawah otoritas kontraterorisme Perintah Eksekutif 13224 oleh Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)