Kronologi AS dan Inggris Bombardir Houthi Yaman dari Laut dan Udara

Selasa, 23 Januari 2024 - 10:07 WIB
loading...
Kronologi AS dan Inggris Bombardir Houthi Yaman dari Laut dan Udara
Amerika Serikat dan Inggris kembali bombardir basis-basis Houthi di Yaman, beberapa saat setelah kelompok itu mengeklaim berhasil menyerang kapal kargo militer AS di Teluk Aden. Foto/CENTCOM
A A A
SANAA - Amerika Serikat (AS) dan Inggris kembali membombardir basis-basis kelompok Houthi di Yaman pada Senin malam. Serangan besar-besaran ini diluncurkan dari laut dan udara, termasuk dengan rudal Tomahawk.

Ini adalah serangan besar-besaran kedua oleh dua negara NATO itu terhadap kelompok milisi Yaman sejak 11 Januari.

Kronologi AS-Inggris Bombardir Basis Houthi Yaman


1. Kelompok Houthi pada Senin petang mengeklaim berhasil menyerang kapal kargo militer AS Ocean Jazz di Teluk Aden. Namun militer Amerika membantah klaim tersebut dan menyatakan kapal itu masih berlayar.

2. Tak lama setelah klaim Houthi muncul, beberapa kapal perang dan kapal selam (USS Mason, USS Philippine Sea, dan USS Gravely) menembakkan sejumlah rudal Tomahawk dari Laut Merah ke basis-basis kelompok Houthi, termasuk gudang senjata bawah tanah.



3. Secara bersamaan, jet-jet tempur F-18 melesat dari kapal induk USS Dwight D Eisenhower, yang kemudian membombardir basis-basis Houthi dari udara.

4. Beberapa lokasi di Yaman mengalami ledakan besar akibat serangan udara dan laut.

5. Pejabat Pentagon memperkirakan 25-30 amunisi dijatuhkan terhadap basis-basis Houthi, meskipun penilaian masih terus dilakukan.

6. Amerika dan Inggris umumkan delapan situs di Yaman menjadi target serangan besar-besaran. Pada serangan besar pertama 11 Januari, lebih dari 60 situs di 28 lokasi menjadi target.

Menurut pejabat AS, salah satu target serangan semalam adalah Pangkalan Udara Al Dailami serta lokasi peluncuran rudal dan fasilitas penyimpanan senjata untuk rudal balistik dan drone.

Militer Amerika dan Inggris, dalam sebuah pernyataan bersama, mengatakan operasi mereka didukung oleh Australia, Bahrain, Kanada, dan Belanda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)