Kalah Melawan Hamas, Uni Eropa Sarankan Israel untuk Berhenti Berperang

Senin, 22 Januari 2024 - 18:24 WIB
loading...
Kalah Melawan Hamas, Uni Eropa Sarankan Israel untuk Berhenti Berperang
Tak mampu mengalahkan Hamas, Israel diminta untuk berunding dan berhenti berperang. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Rencana Israel untuk menghancurkan kelompok Islam perjuangan Hamas di Gaza tidak berhasil, sehingga Uni Eropa (UE) harus melakukan upaya untuk menciptakan "solusi dua negara" dan berhenti berperang. UE sangat paham meskipun usulan tersebut mendapatkan perlawanan dari Israel.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell berbicara pada pertemuan bulanan para menteri luar negeri Uni Eropa, kali ini dihadiri oleh rekan-rekan dari Arab Saudi, Mesir dan Yordania serta sekretaris jenderal Liga Arab. Pembicaraan tersebut akan fokus terutama pada konsekuensi serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel dan serangan balasan Israel di Gaza.

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz dan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki hadir secara terpisah pada pertemuan tersebut, yang juga membahas perang di Ukraina.

Menyinggung tujuan Israel untuk memusnahkan Hamas dalam perang tiga bulan yang menghancurkan di Jalur Gaza, Borrell mengatakan kepada wartawan: "Apa solusi lain yang ada dalam pikiran mereka. Membuat semua warga Palestina pergi? Bunuh mereka semua?. Cara mereka menghancurkan Hamas bukanlah cara yang tepat. Mereka menyegel kebencian dari generasi ke generasi."

Borrell mengatakan dia ingin terus melanjutkan upaya internasional untuk menciptakan proses yang akan mengarah pada negara Palestina yang hidup berdampingan dengan Israel. Pembicaraan terakhir untuk mencapai tujuan tersebut gagal satu dekade lalu di tengah ketidakpercayaan dan sikap keras kepala.

Serangan udara dan darat besar-besaran Israel di Gaza yang kecil dan berpenduduk padat telah menewaskan lebih dari 25.000 warga Palestina, menurut otoritas kesehatan daerah kantong yang dikelola Hamas, meratakan wilayah yang dibangun dan menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya kehilangan tempat tinggal.

Israel mengatakan perang bisa berlangsung selama "berbulan-bulan" dan tidak akan berhenti sampai Hamas dibasmi, semua sandera Israel dibebaskan dan Jalur Gaza tidak lagi menimbulkan ancaman keamanan.



“Kami telah terlibat dalam proses selama lebih dari 30 tahun dan melihat apa manfaatnya bagi kami,” kata Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi, dilansir Reuters. Itu mengacu pada perundingan perdamaian Israel-Palestina yang terputus-putus sejak tahun 1990an.

"Saat yang tepat sudah tiba. Apakah kita membiarkan agenda rasis radikal menentukan masa depan atau bersatu dan mengatakan bahwa jalannya jelas, kita menginginkan perdamaian untuk semua orang dan solusi dua negara adalah satu-satunya jalan, teruskan dan terapkan dia?" ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)