IAEA Bantah Bukti Bom Nuklir Iran yang Disodorkan Israel

Rabu, 02 Mei 2018 - 17:38 WIB
IAEA Bantah Bukti Bom Nuklir Iran yang Disodorkan Israel
IAEA Bantah Bukti Bom Nuklir Iran yang Disodorkan Israel
A A A
WINA - Badan Nuklir PBB menegaskan kembali bahwa tidak ada bukti kredibel yang ditemukan di Iran terkait dengan pengembangan perangkat bom nuklir setelah 2009. Pernyataan ini sekaligus mementahkan bukti-bukti yang disodorkan oleh Israel sebelumnya.

"Laporan yang sama menyatakan bahwa Badan itu tidak memiliki indikasi kegiatan yang kredibel di Iran terkait dengan pengembangan perangkat bom nuklir setelah 2009," kata Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dalam sebuah pernyataan masalah nuklir Iran, mengatakan bahwa atas pertimbangan itu masalah ini ditutup seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (2/5/2018).

Pernyataan itu muncul setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dalam presentasi yang disiarkan televisi, mengungkapkan file yang diduga diperoleh oleh badan intelijen Israel dari "arsip nuklir rahasia" Iran. Ia mengatakan file-file itu membuktikan Iran telah diam-diam bekerja pada senjata nuklir.

Kementerian Luar Negeri Iran menepis tuduhan Netanyahu sebagai "kebohongan". Tuduhan itu ditujukan untuk mempengaruhi keputusan Presiden Ameriak Serikat (AS) Donald Trump tentang kesepakatan nuklir Iran yang ditandatangani pada Juli 2015.

Kesepakatan itu terjadi antara Iran dan enam kekuatan dunia yaitu AS, Inggris, Rusia, Cina, Prancis, dan Jerman. Kesepakatan itu dirancang untuk membatasi program nuklir Iran sebagai gantinya penghapusan sanksi internasional terhadap Iran.

IAEA memantau pelaksanaan kesepakatan Iran. Penilaian program nuklir Iran oleh IAEA dibuat pada tahun 2015.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6399 seconds (0.1#10.140)