5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia 2024, Siapa Saja?

Rabu, 17 Januari 2024 - 13:45 WIB
loading...
5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia 2024, Siapa Saja?
Jet tempur terbang dari kapal induk Amerika Serikat dalam misi militer. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Terdapat lima negara dengan Angkatan Udara terkuat di dunia tahun 2024. Dalam daftar itu, Amerika Serikat (AS() masih menunjukkan dominasi terhadap negara-negara lain.

Pada perkembangannya, negara-negara di dunia terus meningkatkan kekuatan militernya. Tak hanya berfokus pada sektor darat, mereka turut memperhatikan bagian lain, termasuk Angkatan Udara.

Lantas, apa saja negara yang memiliki Angkatan Udara terkuat di dunia? Berikut di antaranya sebagaimana dihimpun dari laporan World Directory of Modern Military Aircraft (WDMMA) 2024.

Angkatan Udara Terkuat di Dunia 2024

1. Amerika Serikat


Amerika Serikat telah dikenal luas sebagai salah satu negara dengan militer paling kuat di dunia. Tak hanya berfokus pada satu sektor, kekuatannya terbagi secara merata dari Angkatan Darat, Angkatan Laut hingga Angkatan Udara.

Laporan World Directory of Modern Military Aircraft (WDMMA) menempatkan Amerika Serikat pada posisi teratas dalam kategori Global Air Powers Ranking 2024. Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) mendapat skor True Value Rating (TvR) 242,9.

Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) diperkirakan memiliki total 5.189 pesawat aktif dalam inventarisnya. Armada besar tersebut terbagi atas beberapa jenis berbeda.

Misalnya, seperti pesawat tempur, pesawat pembom, pesawat angkut, pesawat latih, pesawat misi khusus, pesawat pendukung serangan hingga helikopter. Salah satu jenis yang paling banyak adalah jet tempur yang mencapai 1.511 unit.

2. Rusia


Tak kalah dari AS, Rusia juga memiliki Angkatan Udara yang sangat kuat. Dengan skor TvR 142,4, Moskow dilaporkan setidaknya mempunyai 3.650 pesawat aktif yang bisa digunakan.

Armada besar Angkatan Udara Rusia berisikan berbagai jenis pesawat yang berbeda. Sebut saja dari jet tempur, pesawat pembom, pesawat angkut hingga pesawat latih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)