Dekat dengan Dunia Olahraga, Pernah Dilatih Boris Becker

Senin, 23 April 2018 - 14:31 WIB
Dekat dengan Dunia Olahraga, Pernah Dilatih Boris Becker
Dekat dengan Dunia Olahraga, Pernah Dilatih Boris Becker
A A A
SAAT remaja, Syekh Tamim pernah bermimpi menjadi Boris Becker dunia Arab. Mengetahui hal ini, kedua orang tuanya langsung menerbangkan legendaris tenis asal Jerman tersebut ke Qatar untuk memberikan latihan tenis terbaik untuk Tamim.

Kenangan akan masa kecil ini sepertinya menjadi cikal bakal Syekh Tamim akhirnya menjadi seorang yang fanatik pada dunia olahraga. Contohnya, dikutip The New York Times , dia membeli tim sepak bola Prancis, Paris Saint-Germain, dan membayar USD263 juta (Rp3,6 triliun) untuk seorang striker Brasil.

Ini tercatat menjadi biaya transfer tertinggi dalam sejarah pertandingan. Dia juga menjadi orang di balik layar yang membawa ajang Piala Dunia diselenggarakan di Qatar pada 2022 mendatang, dengan perkiraan biaya USD200 miliar (Rp2.752 triliun).

Angka ini cukup fantastis mengingat Qatar tidak pernah masuk kualifikasi pesta sepak bola terbesar di dunia itu. Dia tercatat menjadi Ketua Komite yang menyelenggarakan Piala Dunia FIFA 2022 tersebut. Dikutip BBC , Syekh Tamim memang dikenal sangat menyukai dunia olahraga dan namanya cukup terkenal di sana.

Pada 2006 pembaca surat kabar Mesir Al-Ahram memilihnya sebagai "sosok dengan kepribadian olahraga terbaik di dunia Arab". Tahun itu pula dia memimpin panitia penyelenggaraan Asian Games ke-15 di Doha, yang dihadiri oleh semua negara anggota untuk pertama kalinya.

Dia juga tercatat sebagai anggota Komite Olimpiade Internasional, dan memimpin Doha untuk Olimpiade 2020. Dia juga menjadi Presiden Komite Olimpiade Nasional Qatar. Dikutip Arab Royal Family, di bawah kepemimpinannya, Qatar memenangi hak untuk menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Renang FINA pada 2014 lalu.

Selain itu, dia mendirikan Qatar Sport Investments pada 2005, yang menghabiskan banyak uangnya di klub sepak bolanya, Paris Saint-Germain tersebut. Meski tidak diketahui jenis olahraga yang menjadi favorit Syekh Tamim, dia pernah terlihat dalam sebuah video tengah bermain bulu tangkis dan boling 10- pin dengan mantan kepala militer Mesir, Mohammed Hussein Tantawi. Dikutip Qatar Day , Syekh Tamim juga menjadi anggota klub sepak bola Al Sadd Club dan juga anggota tim tenis Qatar. (Susi Susanti)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3215 seconds (0.1#10.140)