5 Dampak Positif bagi Houthi karena Serangan AS dan Inggris

Jum'at, 12 Januari 2024 - 18:18 WIB
loading...
5 Dampak Positif bagi Houthi karena Serangan AS dan Inggris
Houthi justru makin populer di Yaman dan mendapatkan pengakuan atas serangan AS dan Inggris. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kelompok Houthi di Yaman tidak akan tergoyahkan oleh serangan-serangan yang dipimpin Amerika Serikat terhadap mereka sebagai pembalasan atas sasaran mereka terhadap kapal-kapal yang terkait dengan Israel di Laut Merah, dan bahkan bisa menjadi lebih berani lagi.

Pada Kamis malam, AS dan Inggris mengebom beberapa lokasi di Yaman yang menurut Washington adalah fasilitas Houthi, sehari setelah mereka menembak jatuh rudal yang ditembakkan oleh kelompok Yaman di Laut Merah. Pemboman tersebut adalah yang pertama kalinya dalam perang ini AS atau sekutunya menyerang wilayah Yaman.

Namun kelompok Houthi bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan profil regional dan domestik, karena satu-satunya negara adidaya di dunia ini akan menghadapi kelompok yang tidak diakui secara internasional sebagai pemerintah Yaman meskipun menguasai sebagian besar negara tersebut.

Pada 10 Januari, AS dan Inggris berhasil memukul mundur 21 drone dan rudal dalam operasi terbesar Houthi di lalu lintas Laut Merah. Dan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, bersama dengan negara-negara paling kuat di dunia, fokus pada serangan terhadap kapal-kapal Laut Merah, dalam sebuah resolusi yang mengutuk kelompok Houthi – namun juga menggarisbawahi pengaruh mereka yang semakin besar sebagai kekuatan yang harus diperhitungkan.

“Houthi sebenarnya memenangkan konfrontasi itu pada hari mereka memulainya,” Abdulghani al-Iryani, peneliti senior di Pusat Studi Strategis Sanaa, mengatakan kepada Al Jazeera.

5 Dampak Positif bagi Houthi karena Serangan AS dan Inggris

1. Makin Populer di Yaman

5 Dampak Positif bagi Houthi karena Serangan AS dan Inggris

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, di Yaman, Ansar Allah, nama resmi kelompok Houthi, menguasai wilayah barat, termasuk selat Bab al-Mandeb yang mengarah ke Laut Merah, dan memperjuangkan wilayah melawan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan sekutu domestiknya.

Tindakan kelompok ini di Laut Merah, bersama dengan pesan mereka tentang mendukung rakyat Gaza, sangat populer di kalangan warga Yaman, memperkuat perekrutan dan memungkinkan mereka untuk memobilisasi demonstrasi besar-besaran untuk mendukung rakyat Palestina.

Kelompok Houthi mengatakan mereka mencegat kapal-kapal tujuan Israel dan milik Israel yang melewati selat Bab al-Mandeb untuk menekan Israel agar setidaknya mengizinkan bantuan kemanusiaan yang cukup ke Jalur Gaza, yang telah digempur Israel selama tiga bulan terakhir.

Perang Israel di Gaza menyusul serangan Hamas dan kelompok bersenjata Palestina lainnya pada tanggal 7 Oktober telah menewaskan lebih dari 23.000 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, beberapa di antaranya akibat pemboman langsung dan lainnya akibat kondisi mengerikan yang melanda daerah kantong tersebut oleh tindakan Israel.


2. Mendapatkan Pengakuan Internasional

5 Dampak Positif bagi Houthi karena Serangan AS dan Inggris

Foto/Reuters

Kelompok Houthi menarik perhatian global pada 19 November, ketika mereka menyita kapal kargo Galaxy Leader dan kemudian mengubahnya menjadi objek wisata.

Meskipun pelayaran global sangat terkena dampaknya, dengan perusahaan pelayaran besar menghindari Laut Merah sama sekali, intersepsi Houthi telah menyebabkan kerusakan kecil pada sebagian besar kapal dan menghindari pembunuhan atau cedera siapa pun di dalamnya.

Pada tanggal 31 Desember, empat kapal Houthi mencoba menyita sebuah kapal yang melakukan perjalanan melalui Laut Merah ketika helikopter Angkatan Laut AS menyerang mereka, menewaskan 10 pejuang Houthi dan menenggelamkan tiga kapal.

Pada awal Januari, Houthi mulai menggunakan kapal permukaan tak berawak. Di masa lalu, kelompok tersebut telah menggunakannya sebagai perahu drone yang meledak jika bertabrakan dengan kapal lain. Meskipun kelompok ini telah mengubah taktik, mereka tidak menghentikan aktivitas mereka di Laut Merah, di satu sisi, kata para analis, karena tujuan yang mereka nyatakan belum tercapai, dan di sisi lain, karena mereka tidak takut akan ancaman AS.

“Pertempuran Laut Merah telah memasuki tingkat berikutnya – bentrokan langsung antara Houthi dan AS,” kata Eleonora Ardemagni, peneliti senior di Institut Studi Politik Internasional Italia, kepada Al Jazeera. “Baik AS dan Houthi masing-masing sedang menguji dampak dari tindakan mereka dan seberapa jauh mereka bersedia mengambil tindakan.”

3. Serangan Udara Tidak Akan Menghalangi Gerakan Houthi

5 Dampak Positif bagi Houthi karena Serangan AS dan Inggris

Foto/Reuters

Menanggapi ultimatum dari Washington dan sekutunya untuk menghentikan aktivitas Laut Merah atau menimbulkan kemarahan militer pada minggu lalu, Houthi mengadakan unjuk rasa besar-besaran di ibu kota Yaman, Sanaa, di mana pidato-pidato bombastis dari para pemimpin kelompok tersebut menyatakan diri mereka siap menghadapi eskalasi AS.

“Segala sesuatu yang patut diserang telah dilakukan oleh koalisi Saudi dalam sembilan tahun terakhir,” kata al-Iryani, mengacu pada perang yang dilancarkan melawan Houthi oleh koalisi pimpinan Saudi yang mulai memerangi Houthi pada tahun 2015 setelah mereka menggulingkan Houthi. Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, kepala pemerintahan yang diakui secara internasional.

“Saya tidak berpikir [serangan AS terhadap sasaran Houthi] akan menjadi alat pencegah bagi Houthi,” kata Raiman al-Hamdani, peneliti di ARK Group dan mantan peneliti tamu di Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa, kepada AFP. Al Jazeera. “Mengingat retorika Houthi yang selalu menyalahkan Amerika Serikat dan Israel atas masalah yang ada di Yaman dan Timur Tengah secara umum, saya rasa mereka akan cukup senang.”

Secara strategis, kata al-Iryani, Houthi juga seharusnya merasa cukup nyaman. Infrastruktur seluler Houthi seharusnya membuat penentuan target menjadi lebih sulit bagi Amerika, katanya.

4. Tetap Berdamai dengan Arab Saudi

5 Dampak Positif bagi Houthi karena Serangan AS dan Inggris

Foto/Reuters

Sementara itu, kelompok Houthi masih melakukan pembicaraan dengan negara tetangganya, Arab Saudi mengenai gencatan senjata jangka panjang dan para analis mengatakan mereka mungkin mencoba untuk memperkuat pengaruh mereka melalui unjuk kekuatan di Laut Merah.

Saudi sangat ingin mencegah eskalasi di Yaman dan, pada bulan Desember, Riyadh mendesak AS untuk menahan diri. Arab Saudi menggandakan pesan peringatan tersebut setelah serangan Kamis malam di Yaman.

Ketidakstabilan di negara tetangga tidak akan menguntungkan Arab Saudi, yang infrastruktur minyaknya terkena dampak buruk akibat serangan Houthi di masa lalu. Saudi mungkin juga memiliki pertimbangan jangka panjang dalam perundingan ini, karena hal ini akan menguntungkan mereka jika membangun hubungan dengan Houthi dan mungkin berada di jalur yang tepat untuk mengakui mereka.

“Pengakuan formal mungkin merupakan hal yang paling penting bagi [Houthi],” kata al-Hamdani. “Perhatian utama kelompok ini adalah terus mengkonsolidasikan kekuasaan atas negara ini.”

Hingga saat ini, Houthi telah mendapat dukungan dari Iran sebagai bagian dari Poros Perlawanan regional mereka, bersama dengan Hamas, Hizbullah, dan jaringan milisi di Irak dan Suriah. “Houthi … telah mengembangkan hubungan dengan Iran yang oleh banyak analis dianggap menyaingi Iran dengan Hizbullah,” kata peneliti Yaman Nicholas Brumfield kepada Al Jazeera.

5. Memperkuat Dukungan Iran ke Houthi

5 Dampak Positif bagi Houthi karena Serangan AS dan Inggris

Foto/Reuters

Namun para analis mengatakan kelompok tersebut tidak boleh dilihat sebagai proksi Iran dan, di masa depan, Houthi mungkin akan mempertimbangkan kembali aliansi regional mereka. “Akan lebih baik bagi mereka untuk dekat dengan Saudi,” kata al-Hamdani, seraya menambahkan bahwa mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih dengan “mengandalkan sumber daya keuangan [Arab Saudi] daripada bergantung pada senjata Iran”.

Identitas Houthi sebagai kelompok Syiah tidak berarti bahwa mereka akan jatuh ke dalam pengaruh Iran – ikatan sejarah dan budaya yang panjang antara Yaman dan Arab Saudi dapat memainkan peran penting di antara keduanya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)