Bombardir Houthi Yaman, AS Dianggap Terlibat Langsung Perang Gaza

Jum'at, 12 Januari 2024 - 10:36 WIB
loading...
Bombardir Houthi Yaman, AS Dianggap Terlibat Langsung Perang Gaza
Langkah AS membombardir situs-situs Houthi di Yaman dikritik para pakar, dianggap terlibat langsung dalam perang Gaza. Foto/REUTERS
A A A
SANAA - Seorang mantan pejabat pemerintah Amerika Serikat (AS) mengkritik keras keputusan pemerintah Presiden Joe Biden membombardir Yaman dengan target kelompok Houthi.

Nabil Khouri, mantan wakil kepala misi AS di Yaman, mengatakan itu adalah kesalahan buruk dan kegagalan diplomasi Amerika.

Khouri mengatakan situasi di Laut Merah telah meningkat, dengan Houthi menyerang kapal-kapal dan menembakkan rudal ke arah Israel yang menurut pemberontak Yaman tersebut adalah respons terhadap serangan militer Israel yang terus berlanjut di Jalur Gaza, Palestina.



"Dengan pengeboman AS dan Inggris terhadap target-target Houthi di Yaman, pemerintahan Biden secara efektif telah menjadi peserta langsung dalam perang Gaza," kata Khouri kepada Al Jazeera, Jumat (12/1/2024).

“Ini bisa meningkat dari sini,” katanya.

“Saya pikir ini adalah kesalahan buruk. Saya pikir seharusnya ada upaya yang lebih baik untuk menghalangi kelompok Houthi. Jika Amerika Serikat dan Inggris berpikir bahwa hal ini akan membungkam kelompok Houthi, saya pikir mereka punya rencana lain," ujarnya.

Pakar lainnya mengatakan serangan militer AS dan Inggris terhadap Yaman dapat menimbulkan implikasi yang mengganggu stabilitas di kawasan Laut Merah.



"Serangan Amerika dan Inggris terhadap Yaman adalah eskalasi yang sangat berbahaya," kata Trita Parsi, wakil presiden eksekutif Quincy Institute for Responsible Statecraft.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)