4 Fakta Menarik Debat Calon Presiden Partai Republik AS yang Kelima

Kamis, 11 Januari 2024 - 19:19 WIB
loading...
4 Fakta Menarik Debat Calon Presiden Partai Republik AS yang Kelima
Debat kandidat calon presiden Partai Republik berlangsung menarik. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Lalu ada dua. Debat kelima Partai Republik pada pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2024 berlangsung dengan hanya dua kandidat yang menjadi sorotan: Gubernur Florida Ron DeSantis dan mantan utusan PBB Nikki Haley.

Ini adalah debat terkecil yang pernah terjadi dalam debat pendahuluan pada pemilu tahun 2024, dan ini terjadi hanya beberapa hari menjelang kaukus Iowa pada 15 Januari – kontes perdana di musim pemilihan pendahuluan AS.

Kaukus minggu depan menawarkan peluang nyata pertama untuk mengukur suhu para pemilih AS. Namun persaingan untuk nominasi Partai Republik tahun ini tidak terlalu signifikan, karena mantan Presiden Donald Trump tetap menjadi kandidat terdepan, menurut jajak pendapat baru-baru ini.

Namun demikian, kaukus ini akan memungkinkan para pengamat untuk mengukur secara formal seberapa besar dukungan yang dimiliki Trump, dibandingkan dengan para pesaingnya dari Partai Republik.

Sementara itu, para penantang Trump berharap bahwa penampilan yang kuat di Iowa – dan di panggung debat di ibu kota negara bagian, Des Moines, pada Rabu malam – akan meningkatkan kampanye mereka dan mengurangi keunggulan mantan presiden tersebut.

4 Fakta Menarik Debat Calon Presiden Partai Republik AS yang Kelima

1. Hanya Ada 2 Kandidat Capres

4 Fakta Menarik Debat Calon Presiden Partai Republik AS yang Kelima

Foto/Reuters

Hanya dua calon presiden dari Partai Republik yang ambil bagian dalam debat yang dipandu CNN: Haley dan DeSantis.

Pengusaha Vivek Ramaswamy dan mantan Gubernur New Jersey Chris Christie – keduanya menjadi berita utama karena penampilan mereka dalam debat sebelumnya – gagal lolos. Untuk berpartisipasi, para kandidat harus mendapatkan “setidaknya 10 persen dalam tiga jajak pendapat nasional dan/atau Iowa yang terpisah dari para pemilih kaukus atau pemilih utama Partai Republik”, demikian keterangan CNN.

Haley dan DeSantis telah melakukan jajak pendapat secara nasional dalam beberapa minggu terakhir, meskipun jauh di belakang Trump. Acara hari Rabu, yang dijadwalkan dimulai pada pukul 20.00 waktu setempat, merupakan kesempatan bagi pasangan tersebut untuk saling berhadapan secara langsung.


2. Trump Tidak Bergabung dalam Debat

4 Fakta Menarik Debat Calon Presiden Partai Republik AS yang Kelima

Foto/Reuters

Trump memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam debat yang berbasis di Iowa, namun ia memilih untuk melewatkannya, seperti yang ia lakukan pada setiap debat pendahuluan Partai Republik sejauh ini pada musim pemilu 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)