UE Coba Klarifikasi Tindakan Keras Israel Terhadap Demonstran Gaza

Minggu, 08 April 2018 - 19:51 WIB
UE Coba Klarifikasi Tindakan Keras Israel Terhadap Demonstran Gaza
UE Coba Klarifikasi Tindakan Keras Israel Terhadap Demonstran Gaza
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) akan mencoba melakukan klarifikasi atas laporan pengunaan kekuatan yang dilakukan Israel terhadap demonstran Palestina di Gaza. Lebih dari 30 orang dilaporkan tewas akibat serangan yang dilancarkan Israel terhadap demonstran Palestina dalam kurun waktu sepekan terakhir.

UE juga dilaporkan akan melakukan klarifikasi atas laporan militer Israel bahwa orang Palestina melempari mereka dengan batu dan menembaki posisi mereka dan berusaha menaiki pagar untuk menyeberang ke Israel.

"Ini menimbulkan pertanyaan serius tentang penggunaan kekuatan secara proporsional yang harus segera ditangani," Layanan Aksi Eksternal Eropa mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (8/4).

"Laporan oleh Pasukan Pertahanan Israel tentang pelemparan batu dan bom molotov terhadap posisi mereka dan upaya untuk menyeberangi pagar ke Israel juga harus diklarifikasi," sambungnya.

Setidaknya sembilan warga Palestina tewas, termasuk di dalamnya seorang jurnalis dalam aksi demonstrasi terbaru yang berlangsung Jumat lalu. Selain sembilan korban tewas, sedikitnya 491 orang terluka oleh tembakan Israel.

Mereka berada di antara ribuan pengunjuk rasa yang mendekati pagar perbatasan di sekitar Gaza. Demonstran membakar ban dan melemparkan batu ke pasukan Israel, yang menanggapi dengan gas air mata dan peluru tajam.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4435 seconds (0.1#10.140)