9 Organisasi Perjuangan yang Didukung Iran

Rabu, 10 Januari 2024 - 18:18 WIB
loading...
9 Organisasi Perjuangan yang Didukung Iran
Hamas merupakan organisasi perjuangan yang didukung dan didanai Iran. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Keterlibatan Iran dalam invasi Hamas ke Israel telah berspekulasi sejak serangan dimulai. Iran telah lama mendukung organisasi teroris tersebut, dan kadang-kadang memberikan bantuan moneter. Organisasi yang didukung Iran tersebar di berbagai negara.

Rudal, roket, dan drone menyerang sasaran di Timur Tengah dan seorang tokoh senior Hizbullah terbunuh oleh serangan udara Israel ketika Amerika Serikat, Israel, dan negara lain bentrok dengan kelompok perjuangan yang bersekutu dengan Iran – dengan serangan yang menghantam jalur pelayaran penting di Laut Merah, di sepanjang jalur pelayaran Israel. -Perbatasan Lebanon dikosongkan oleh warga yang melarikan diri dan di sekitar ibu kota yang padat serta instalasi militer AS.

Berikut rincian kelompok-kelompok bersenjata yang dihadapi Amerika Serikat dan Israel di Timur Tengah, apa yang menyatukan mereka, dan apa yang berbeda dari masing-masing kelompok tersebut.

Organisasi perlawanan tidak melakukannya tentu saja menginginkan eskalasi lebih lanjut, mengingat peluang mereka dalam konfrontasi habis-habisan dengan dua negara dengan militer terkuat di dunia.

"Mereka juga tumbuh menjadi pemahaman yang sama," kata Randa Slim, seorang analis regional di Middle East Institute yang berbasis di Washington. Kenapa? "Ketika kelangsungan hidup seseorang terancam, semua orang akan bersatu," tuturnya.

9 Organisasi Perjuangan yang Didukung Iran

1. Hamas

9 Organisasi Perjuangan yang Didukung Iran

Foto/Reuters

Berbasis di Gaza. Didirikan pada tahun 1987 ketika terjadi protes luas oleh warga Palestina terhadap pendudukan Israel. Memiliki hubungan awal dengan salah satu kelompok Sunni paling terkemuka di dunia, Ikhwanul Muslimin, yang didirikan di Mesir pada tahun 1920an. Telah bersumpah untuk memusnahkan Israel dan telah melakukan bom bunuh diri dan serangan mematikan lainnya terhadap warga sipil dan tentara Israel.

Hamas menguasai Gaza secara paksa pada tahun 2007, setahun setelah mereka memenangkan pemilihan parlemen di sana dengan 44% suara. Israel terus menerapkan blokade yang menghancurkan terhadap Gaza, membatasi pergerakan orang dan barang masuk dan keluar dari wilayah tersebut. Hamas menerima dukungan dari negara-negara Arab dan Muslim, termasuk Qatar dan Turki.

Meskipun merupakan kelompok Muslim Sunni, para pemimpin Hamas telah semakin dekat dengan Iran yang Muslim Syiah dan sekutunya selama bertahun-tahun. Serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel dipandang oleh banyak orang sebagai upaya Hamas untuk mendapatkan kembali relevansinya di panggung dunia. Pemerintahan sayap kanan Israel telah mengesampingkan segala upaya negosiasi perjanjian politik Israel-Palestina, dan perhatian dunia pun memudar.

2. Jihad Islam

9 Organisasi Perjuangan yang Didukung Iran

Foto/Reuters

Sponsor utama Jihad Islam Palestina (PIJ) adalah Iran, yang telah menyediakan dana, serta pelatihan dan senjata yang disebutkan di atas. Demikian yang dilaporkan Departemen Luar Negeri AS pada tahun 2020.

Awalnya terinspirasi oleh Ikhwanul Muslimin, para pendiri PIJ kemudian menganut prinsip jihad Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei dan gagasan bahwa Palestina harus dibebaskan melalui perjuangan bersenjata. Hal ini membantu terjalinnya hubungan erat antara Teheran dan PIJ yang menjadikan kelompok teror tersebut menjadi kelompok terbesar kedua di Jalur Gaza setelah Hamas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)