Mengapa Upaya Menhan AS Merahasiakan Sakitnya Bisa Membahayakan Keamanan Nasional?

Rabu, 10 Januari 2024 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Austin mungkin juga melanggar protokol internal Departemen Pertahanan AS, dan para pejabat mengatakan mereka sedang melakukan peninjauan penuh atas insiden tersebut untuk menentukan bagaimana kesalahan di masa depan dapat dicegah.

4. Austin dalam Kondisi Tidak Sadar

Mengapa Upaya Menhan AS Merahasiakan Sakitnya Bisa Membahayakan Keamanan Nasional?

Foto/Reuters

Pentagon masih belum memastikan apakah Austin pernah kehilangan kesadaran. Jika dia melakukannya, mungkin karena dia berada di bawah anestesi, antara saat dia tiba di rumah sakit pada tanggal 1 Januari dan ketika dia menyerahkan tugasnya pada tanggal 2 Januari, hal ini dapat membuat dia dihadapkan pada pertanyaan serius tentang kelalaian dalam menjalankan tugas.

Pentagon telah mengungkapkan bahwa Austin tiba di Walter Reed dalam keadaan sadar, setelah naik ambulans dari kediamannya ke rumah sakit, di mana dia dirawat di ICU. Pentagon juga telah mengungkapkan bahwa dia merasakan sakit yang parah, namun tidak akan mengatakan apakah dia meminum obat pereda nyeri yang dapat mengubah penilaiannya.

5. Koordinasi Keamanan Kacau Balau

Mengapa Upaya Menhan AS Merahasiakan Sakitnya Bisa Membahayakan Keamanan Nasional?

Foto/Reuters

"Austin berbicara dengan Biden, Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan, dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada pagi hari tanggal 1 Januari sebelum dia pergi ke rumah sakit," demikian keterangan Gedung Putih. "Panggilan konferensi yang aman" adalah tentang Timur Tengah. Biden sedang berada di St. Croix untuk berlibur pada saat itu.

Saat itu tidak ada kontak dengan Gedung Putih atau Dewan Keamanan Nasional hingga 4 Januari, kata Gedung Putih. Biden dan Austin selanjutnya berbicara pada 6 Januari.

Pejabat Gedung Putih mengatakan Biden terus diberi pengarahan tentang masalah keamanan nasional oleh pejabat lain selama Austin dirawat di rumah sakit, dan presiden menerima pengarahan keamanan nasional harian yang disiapkan oleh komunitas intelijen. Pengarahan harian mencakup masukan dari Departemen Pertahanan namun tidak dihasilkan oleh mereka.

6. Kongres Turut Campur

Mengapa Upaya Menhan AS Merahasiakan Sakitnya Bisa Membahayakan Keamanan Nasional?

Foto/Reuters

Para pemimpin Kongres menyerukan penyelidikan.

Anggota parlemen dari kedua partai mengatakan mereka sangat prihatin bahwa presiden tidak mengetahui komandan sipil tertingginya dirawat di rumah sakit selama tiga hari pada saat perang sedang terjadi di Gaza dan Ukraina.

Senator AS Roger Wicker, anggota tertinggi Partai Republik di Komite Angkatan Bersenjata Senat, mengatakan pada hari Sabtu bahwa situasi tersebut “tidak dapat diterima” dan menuntut “perhitungan penuh atas fakta-fakta segera.”

Mantan Presiden Donald Trump, yang kemungkinan besar akan menjadi penantang Biden dari Partai Republik pada pemilu 2024, mengatakan pada Minggu malam bahwa Austin harus dipecat karena “perilaku profesionalnya yang tidak patut dan melalaikan tugasnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)