Kirim Kapal Perang, Pasukan Elite India Selamatkan 21 Awak Kargo yang Dibajak

Sabtu, 06 Januari 2024 - 13:56 WIB
loading...
A A A
Angkatan Laut India menambahkan bahwa kapal perang tersebut sedang berupaya memulihkan tenaga dan tenaga penggerak agar kapal kargo berbendera Liberia tersebut dapat melanjutkan ke pelabuhan berikutnya.

Pernyataan Angkatan Laut India tidak merinci apakah para pembajak berhasil menguasai kapal tersebut pada saat tertentu, namun sebelumnya dikatakan bahwa penerbangan patroli di atas kepala telah memastikan keselamatan para awak kapal pada Jumat pagi.

Steve Kunzer, kepala eksekutif pemilik kapal Lila Global yang berbasis di Dubai, berterima kasih kepada Angkatan Laut India atas penyelamatan tersebut.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih atas profesionalisme kru kami yang bereaksi dengan aman dan bertanggung jawab dalam situasi seperti ini,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Pembajakan tersebut dilaporkan oleh Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO), sebuah organisasi militer Inggris yang melacak pergerakan berbagai kapal di perairan strategis.

Bulan lalu, Angkatan Laut India mengerahkan beberapa kapal perang ke laut sekitar untuk “mempertahankan kehadiran pencegahan” setelah serangkaian serangan kapal baru-baru ini, termasuk serangan pesawat tak berawak di dekat pantai India—di mana Amerika Serikat menyalahkan Iran atas serangan tersebut.

Serangan terbaru ini terjadi pada saat banyak kapal dialihkan dari Laut Merah, tempat pemberontak Houthi Yaman melancarkan serangan pesawat tak berawak dan rudal sebagai solidaritas dengan warga Palestina di Gaza, tempat Israel memerangi Hamas.

Bulan lalu serangan pesawat tak berawak menghantam kapal tanker MV Chem Pluto 200 mil laut (370 kilometer) di lepas pantai India.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)