Kekuatan Militer Swedia, Calon Anggota Baru NATO yang Mengejutkan

Jum'at, 05 Januari 2024 - 17:45 WIB
loading...
Kekuatan Militer Swedia, Calon Anggota Baru NATO yang Mengejutkan
Tentara Swedia di pangkalan angkatan laut Musko, sekitar 70 kilometer selatan ibu kota, Stockholm, Swedia, 19 April 2023. Foto/REUTERS/Simon Johnson
A A A
STOCKHOLM - Swedia tampaknya bakal segera resmi menjadi anggota NATO. Hal ini semakin diperkuat setelah anggota parlemen Turki mengambil langkah baru guna mengizinkan bergabungnya Swedia dengan NATO.

Melihat ke belakang, kabar mengenai Swedia yang akan bergabung dengan NATO sebenarnya sudah cukup lama. Namun, memang ada beberapa kendala yang muncul, seperti penolakan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Namun, kondisi tersebut sepertinya sudah mulai berubah. Menurut laporan The Guardian, Komite Urusan Luar Negeri Parlemen Turki telah memberikan lampu hijau bagi keanggotaan Swedia di NATO karena beberapa alasan.

Lebih jauh, seperti apakah kekuatan militer yang dimiliki Swedia ini? Simak ulasannya berikut.

Kekuatan Militer Swedia


Swedia memiliki kekuatan militer yang tidak bisa diremehkan. Pemeringkatan Global Fire Power (GFP) 2023 bahkan menempatkannya di urutan ke-37 dari total 145 negara.

Pada sisi anggaran pertahanan, Swedia mempunyai budget mencapai USD6,38 miliar. Angka tersebut terbilang cukup besar jika membandingkannya dengan negara-negara lain.

Perkiraan populasi Swedia menunjukan angka lebih dari 10,4 juta jiwa. Secara keseluruhan, mereka memiliki 38.000 tentara aktif dan 16.000 personel cadangan.

Beralih ke persenjataan, Angkatan Darat Swedia mempunyai 121 tank, 14.088 kendaraan lapis baja, dan puluhan artileri.

Sementara di bagian udara, Stockholm memiliki 71 pesawat tempur, 69 pesawat latih, 6 pesawat angkut, 5 pesawat misi khusus, dan puluhan helikopter.

Pada sektor Angkatan Laut, Swedia juga memiliki 298 kapal patroli, 5 kapal selam, 7 korvet, dan 9 kapal penyapu ranjau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)