alexametrics

Asal Usul Novichok, Giliran Republik Ceko Bantah Tudingan Rusia

loading...
Asal Usul Novichok, Giliran Republik Ceko Bantah Tudingan Rusia
Sergei Skripal, pembelot Rusia ditemukan kritis setelah terpapar zat saraf Novichok. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian
A+ A-
PRAHA - Republik Ceko membantah tuduhan Moskow bahwa racun saraf yang digunakan terhadap mantan agen ganda Rusia dan putrinya di Inggria berasal dari negara itu. Bantahan itu dikatakan langsung oleh Menteri Luar Negeri Republik Ceko Martin Stropnicky.

"Kami keberatan dengan klaim tentang asal usul racun ini, yang tidak bisa dibuktikan," kata Stropnicky di akun Twitter resminya.



"Ini adalah cara standar untuk memanipulasi informasi di ruang publik melalui pesan yang sangat spekulatif yang diperkenalkan tanpa bisa dibuktikan," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (18/3/2018).

Bantahan juga dilontarkan Menteri Pertahanan Republik Ceko Karla Slechtova. Melalui akun Twitternya, Slechtova menyebut tuduhan zat saraf Novichok berasal dari Republik Ceko tidak masuk akal.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa sumber zat saraf Novichok yang paling mungkin adalah Inggris sendiri atau Republik Ceko, Slowakia, Swedia atau Amerika Serikat.

Baca juga:
Rusia Balas Tuding Inggris Pembuat Zat Saraf Novichok


Terkait tudingan ini, Swedia telah membantahnya dengan tegas. Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom menyebut tudingan tersebut tidak dapat diterima dan tidak berdasar.

Baca juga:
Swedia Bantah Kembangkan Zat Saraf Novichok
(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak