alexametrics

7 Kutipan Terkenal dari Si Jenius Stephen Hawking

loading...
7 Kutipan Terkenal dari Si Jenius Stephen Hawking
Profesor Stephen Hawking saat bertemu mantan pemimpin Afrika Selatan saat keduanya masih hidup. Foto/REUTERS
A+ A-
LONDON - Profesor Stephen William Hawking, fisikawan legendaris, ahli kosmologi dan penulis beberapa buku yang menginspirasi warga dunia  meninggal pada usia 76 tahun pada hari Rabu (14/3/2018).

Didiagnosis dengan sklerosis lateral amyotrophic (ALS atau penyakit Lou Gehrig) dan divonis dokter hanya akan bertahan hidup dua tahun, Hawking tak menyerah dan terus berkarya meski lumpuh total.

Mantan Profesor Matematika Lucerna Universitas Cambridge terkenal karena kontribusinya terhadap fisika gravitasi dan mekanika kuantum, namun banyak yang mengingatnya karena kecerdasannya yang menakjubkan, skeptisme yang cerdik dicampur dengan pemahamannya yang mendalam akan semangat manusia.

Berikut adalah beberapa kutipan terkenal yang pernah dia ucapkan semasa hidup;



1. "Kami hanya berkembang biak dari monyet di planet kecil. Tapi kami bisa mengerti alam semesta. Itu membuat kami sangat spesial".

2. "Jika alien mengunjungi kami, hasilnya akan sama seperti ketika Columbus mendarat di Amerika, yang ternyata tidak berjalan dengan baik bagi penduduk asli Amerika. Kita hanya perlu melihat diri kita sendiri untuk melihat bagaimana kehidupan yang cerdas bisa berkembang menjadi sesuatu yang tidak ingin kita temui".

3. "Musuh terbesar dari pengetahuan bukanlah kebodohan. Kebodohan adalah ilusi pengetahuan".

4. "Pertama, ingatlah untuk melihat bintang-bintang dan jangan sampai diam di kaki Anda. Dua, jangan pernah menyerah bekerja. Pekerjaan memberi Anda makna dan tujuan dan hidup kosong tanpanya. Tiga, jika Anda cukup beruntung untuk menemukan cinta, ingatlah itu ada dan jangan membuangnya".

5. "Nasihat saya kepada orang-orang cacat lainnya adalah berkonsentrasilah pada hal-hal kecacatan Anda, jangan mencegah Anda melakukannya dengan baik, dan jangan menyesali hal-hal yang mengganggunya. Jangan cacat dalam semangat, juga fisik".

6. "Jadi lain kali seseorang mengeluh bahwa Anda telah melakukan kesalahan, katakan padanya itu mungkin hal yang baik. Karena tanpa ketidaksempurnaan, baik Anda maupun saya tidak akan eksis".

7. "Tujuan saya sederhana. Ini adalah pemahaman yang lengkap tentang alam semesta, mengapa hal itu terjadi dan mengapa hal itu ada sama sekali".
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak