Gelombang Besar di Pantai California Menyebabkan Ribuan Orang Mengungsi

Minggu, 31 Desember 2023 - 12:12 WIB
loading...
Gelombang Besar di Pantai California Menyebabkan Ribuan Orang Mengungsi
Ribuan warga California diperintahkan mengungsi karena bencana gelombang tinggi air laut. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Masyarakat pesisir di California kembali menghadapi gelombang tinggi dan kemungkinan banjir pada Sabtu (30/12/2023). Pemerintah Negara Bagian California, Amerika Serikat , mengeluarkan perintah evakuasi di beberapa daerah dan memperingatkan penduduk untuk menjauh dari pantai dan jalan raya pesisir.

Layanan Cuaca Nasional di Los Angeles memperkirakan banjir besar akan terjadi di wilayah pesisir dataran rendah dengan gelombang kuat dan arus deras yang menimbulkan "risiko luar biasa" berupa tenggelam dan kerusakan pada bangunan seperti dermaga dan dermaga.

Gelombang setinggi 6,1 meter dapat menimbulkan lebih banyak kerusakan pada rumah-rumah di tepi sungai di komunitas rentan di sepanjang garis pantai California, yang dilanda ombak ekstrem dan hujan lebat selama akhir minggu.



"Para pejabat di Ventura County, Kalifornia selatan, mengeluarkan peringatan evakuasi pada hari Sabtu untuk pemukiman di sepanjang Pacific Coast Highway dan area pantai yang tetap ditutup," kata Departemen Pemadam Kebakaran Ventura County, dilansir Reuters.

Di San Francisco Bay Area, para peramal cuaca mengatakan peringatan banjir pesisir dan peringatan gelombang tinggi akan tetap berlaku hingga Sabtu sore. Gelombang pecah setinggi 26-30 kaki diperkirakan terjadi di sepanjang pantai yang menghadap ke barat di sepanjang garis pantai California tengah dan utara, katanya.

Ventura, sekitar 105 km barat laut Los Angeles, dilanda kondisi cuaca ekstrem yang dimulai pada hari Kamis, ketika ombak besar menggenangi rumah dan tempat usaha dengan air laut, pasir, dan puing-puing laut, merusak bangunan dan dilaporkan melukai sedikitnya delapan orang.

Ancaman gelombang laut dan banjir pesisir yang berbahaya ini disebabkan oleh sistem badai Pasifik yang juga membawa hujan deras ke sebagian besar Pantai Barat pada Jumat malam, bersamaan dengan datangnya air pasang yang sangat tinggi yang dikenal sebagai gelombang pasang raja (king tide).

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)