Mengenal Mohammad Yusuf Dahlan, Warga Negara Palestina yang Menjadi Agen Israel

Jum'at, 29 Desember 2023 - 23:23 WIB
loading...
Mengenal Mohammad Yusuf Dahlan, Warga Negara Palestina yang Menjadi Agen Israel
Mohammad Yusuf Dahlan disebut sebagai agen Israel dan diburu Turki. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Mohammad Yusuf Dahlan, nama yang menuai daya tarik sekaligus kontroversi. Dia disebut sebagai agen Israel karena kedekatannya dengan negara Zionis. Dia juga menjadi buronan Turki karena mendukung kudeta di negara tersebut.

Mantan pemimpin Fatah di Gaza dan saat ini menjadi penasihat putra mahkota Uni Emirat Arab, Dahlan adalah tokoh berpengaruh dalam komunitas keuangan Timur Tengah. Karier politiknya dan kedekatannya dengan berbagai aktor di wilayah tersebut menjadikannya tokoh protagonis utama dalam lanskap Palestina.

Mengenal Mohammad Yusuf Dahlan, Warga Negara Palestina yang Menjadi Agen Israel

1. Calon Pemimpin Gaza jika Israel Mampu MengalahkanHamas

Mengenal Mohammad Yusuf Dahlan, Warga Negara Palestina yang Menjadi Agen Israel

Foto/Reuters

Berasal dari Gaza, Dahlan dipandang sebagai calon pemimpin Palestina di Gaza jika Israel menggulingkan Hamas.

Ia mendapat dukungan dari Israel dan Amerika Serikat, terutama karena ia menerima solusi dua negara sejak dini dan tidak melakukan kekerasan dalam negosiasi dengan Israel. Namun, ia tidak sepopuler Marwan Barghouti, yang dijuluki “Mandela Palestina”, yang saat ini dipenjara di Israel.

Terlepas dari itu, Mohammed Dahlan masih dan akan tetap menjadi tokoh sentral dalam politik Palestina. Pengaruh dan koneksinya yang luas menjadikannya pemain kunci, baik dalam potensi transisi politik di Gaza atau dalam perannya sebagai pengusaha sukses. Latar belakangnya yang tidak biasa dan kemampuannya untuk bernavigasi di antara kubu-kubu yang berbeda menjadikannya sosok yang menarik yang akan terus membangkitkan minat dan perdebatan di tahun-tahun mendatang.


2. Memiliki Jaringan Politik yang Luas

Melansir fatshimetrie, Dahlan memiliki jaringan hubungan yang luas, baik di kalangan politik Palestina maupun di negara tetangga. Pengalamannya sebagai mantan kepala keamanan Otoritas Palestina memungkinkan dia membangun hubungan dengan para pemimpin Hamas, meskipun mereka ditentang.

Selain itu, ia memelihara hubungan istimewa dengan Putra Mahkota Uni Emirat Arab dan Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sissi, dan berbagi permusuhan dengan Ikhwanul Muslimin.

3. Mengasingkan Diri di Uni Emirat Arab

Mengenal Mohammad Yusuf Dahlan, Warga Negara Palestina yang Menjadi Agen Israel

Foto/Reuters

Selama bertahun-tahun di pengasingan, Dahlan mengembangkan aktivitas bisnis yang berkembang pesat dengan dukungan Uni Emirat Arab. Jaringan pengaruhnya kini meluas dari Mesir hingga Serbia, melalui Sudan. Dia berhasil mendapatkan paspor Serbia berkat kedekatannya dengan pemerintah Serbia, sehingga dia bisa beroperasi lebih mudah di Balkan.

Selain itu, Dahlan berperan sangat aktif dalam bantuan kemanusiaan di Gaza. Ia dikenal karena mendukung penduduk secara finansial dengan menyediakan lebih dari USD50 juta per tahun untuk proyek pembangunan dan program sosial. Terlepas dari upaya Dahlan yang patut dipuji, beberapa suara muncul untuk mengkritik kendali Dahlan atas bantuan, karena menganggapnya sebagai instrumen manipulasi politik dan bukan dukungan nyata bagi masyarakat.

4. Disebut sebagai Agen Israel

Warga Palestina lainnya mengkritik Dahlan. Jibril Rajoub, yang dengannya dia memupuk persaingan yang mendalam dan pribadi, menyatakan pada tahun 2003 bahwa semua orang tahu Dahlan adalah agen Israel. Ia juga dikritik karena hubungannya yang baik dengan penasihat keuangan Arafat, Mohammad Rashid, dan bisnis Dahlan yang berbasis di London. Dahlan diduga memperkaya diri melalui korupsi; kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai lebih dari USD120 juta.

Yang lain mengklaim bahwa, demi menghalangi lawan politik dan mengimbangi banyak milisi bersenjata, ia mempertahankan pasukan swasta di Jalur Gaza pada tahun 2003 dan 2004, yang dilatih dan diperlengkapi oleh pasukan Amerika, sementara Israel bermaksud untuk memaksakan konflik antara kelompok Dahlan dan Hamas.

5. Diburu Pemerintah Turki

Mengenal Mohammad Yusuf Dahlan, Warga Negara Palestina yang Menjadi Agen Israel

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)