Arti Tulisan di Bendera Houthi Yaman, Tersemat Kutukan untuk Amerika dan Yahudi

Kamis, 28 Desember 2023 - 15:30 WIB
loading...
Arti Tulisan di Bendera Houthi Yaman, Tersemat Kutukan untuk Amerika dan Yahudi
Pejuang Houthi menancapkan bendera di ikat kepalanya saat parade di Sanaa, Yaman. Foto/REUTERS
A A A
SANAA - Makna dan arti tulisan pada bendera Houthi Yaman menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Melihatnya sekilas, tersemat kata seperti Amerika dan Yahudi dalam bahasa Arab.

Kelompok Houthi mendeklarasikan diri sebagai organisasi politik dan militer Islam Syiah di Yaman. Awalnya, kelompok ini muncul menentang rezim Ali Abdullah Saleh yang waktu itu menjadi Presiden Yaman.

Seiring waktu, pengaruh Houthi di Yaman semakin meluas. Beberapa kali, mereka pun terlibat konflik dan pertempuran dengan pemerintah Yaman dan para pendukungnya.

Terlepas dari banyaknya misteri yang masih menyelimuti Houthi, ada sejumlah ciri khas yang melekat pada kelompok ini. Salah satunya adalah memiliki bendera atau lambang yang berisikan sejumlah kalimat.

Arti Tulisan di Bendera Houthi Yaman


Layaknya sebuah organisasi, Houthi sendiri memiliki lambang atau bendera. Sekilas, lambangnya tampak seperti slogan karena dipenuhi kalimat-kalimat padat dalam bahasa Arab.

Bendera Houthi memiliki warna dominan putih pada latar belakangnya. Mengambil desain seperti spanduk vertikal, setidaknya ada lima kalimat yang tertulis di dalamnya dengan dua warna berbeda.

Tulisan dengan warna hijau berisikan pernyataan pro Islam. Sedangkan warna merah berkaitan dengan Amerika Serikat, Israel, dan Yahudi. Berikut masing-masing tulisannya.

Pertama, ada tulisan dalam bahasa Arab ٱللَّٰهُ أَكْبَرُ (Allahu Akbar). Adapun artinya artinya sendiri “Allah Maha Besar”.

Kemudian, ada ٱلْمَوْتُ لِأَمْرِيكَا (al-mawt li-Amrika) yang artinya “Kematian bagi Amerika”.

Lalu, ada ٱلْمَوْتُ لِإِسْرَائِيلِ (al-mawt li-Isra’il). Artinya adalah “Kematian bagi Israel”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)