4 Negara Musuh Houthi dengan Militer Terkuat, Tak Hanya dari Timur Tengah

Kamis, 28 Desember 2023 - 12:40 WIB
loading...
4 Negara Musuh Houthi dengan Militer Terkuat, Tak Hanya dari Timur Tengah
Banyak negara memusuhi Houthi. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Ada sejumlah negara musuh Houthi dengan militer terkuat yang bisa diketahui. Salah satunya adalah Amerika Serikat.

Pada awalnya, kelompok Houthi mungkin hanya berkonflik dengan pemerintah Yaman saja. Seiring meluasnya konflik, mereka juga memiliki musuh-musuh baru dari negara lain.

Bukan sembarang memilih, Houthi menjadikan negara-negara lain sebagai musuhnya karena berbagai alasan. Misalnya karena pernah terlibat intervensi militer di konflik internal Yaman hingga tujuan lain.

Lantas, siapa sajakah musuh kelompok Houthi ini? Berikut beberapa di antaranya yang memiliki militer terkuat.

Negara Musuh Houthi dengan Militer Terkuat

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi salah satu negara dengan militer paling kuat di dunia. Tak hanya memiliki banyak tentara dan persenjataan mumpuni, mereka juga punya pengaruh besar, termasuk dalam status keanggotaannya di NATO.

Amerika Serikat juga menjadi pihak yang mendukung pemerintahan Yaman dalam melawan kelompok Houthi. Mengutip laman Brookings, Negeri Paman Sam turut menyokong Arab Saudi ketika memimpin koalisi untuk menumpas Houthi pada 2015 lalu.

Tidak diketahui dengan jelas mengenai alasan AS ikut melawan Houthi. Namun, beberapa pengamat menyebut bahwa Washington punya kekhawatiran terkait adanya pengaruh Iran yang mungkin berada di kelompok Houthi itu sendiri.

Terbaru, Amerika Serikat menginisiasi koalisi negara-negara untuk menjaga keamanan di Laut Merah dari Houthi. Sebagai informasi, sebelumnya kelompok Houthi memang sedang aktif melakukan aksi-aksi penyerangan terhadap kapal-kapal yang melintas di Laut Merah menuju Israel.


2. Israel

Kelompok Houthi juga menjadikan Israel sebagai salah satu musuhnya. Dari sekian alasan, mereka menyebut tindakannya ini sebagai bentuk dukungan dan solidaritas untuk Palestina.

Houthi juga turut mendukung Hamas dalam perjuangannya melawan Israel di Gaza. Sebagai bentuk bantuan, mereka tak takut untuk menyerang wilayah-wilayah perbatasan Israel menggunakan rudal ataupun drone.

Terbaru, kelompok Houthi tengah melakukan aksi-aksi penyerangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah yang menuju Israel. Tak berbeda jauh, aktivitas ini masih menjadi salah satu usahanya untuk melemahkan Tel Aviv.

3. Arab Saudi

Arab Saudi juga menjadi salah satu musuh terkuat dari kelompok Houthi. Melihat riwayatnya, ketegangan di antara keduanya berawal ketika Arab Saudi melakukan intervensi militer di Yaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)