Mengenal Operation Prosperity Guardian Koalisi AS Melawan Houthi Yaman

Senin, 25 Desember 2023 - 16:30 WIB
loading...
Mengenal Operation Prosperity Guardian Koalisi AS Melawan Houthi Yaman
AS dan koalisinya meluncurkan Operation Prosperity Guardian untuk melawan serangan Houthi Yaman terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Operation Prosperity Guardian adalah sebuah operasi militer yang diluncurkan oleh Amerika Serikat dan koalisinya untuk meningkatkan keamanan di Laut Merah dan Bab el-Mandeb.

Operasi ini bertujuan untuk mencegah serangan-serangan yang dilakukan oleh kelompok Houthi Yaman terhadap kapal-kapal niaga dan jalur pelayaran di wilayah tersebut.

Operasi ini melibatkan berbagai kapal perang, pesawat tempur, dan pasukan dari koalisi 10 negara (Amerika Serikat, Inggris, Bahrain, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Seychelles, dan Spanyol).



Kapal-kapal perang ini berpatroli di Laut Merah dan Bab el-Mandeb untuk memantau aktivitas kapal-kapal di wilayah tersebut dan mengidentifikasi mereka yang berpotensi menimbulkan ancaman maupun yang berpotensi menjadi target serangan oleh Houthi.

Pada bulan Desember 2023, operasi ini telah berhasil mencegah beberapa serangan yang dilakukan oleh kelompok Houthi. Salah satu serangan yang berhasil dicegah adalah serangan terhadap kapal tanker minyak milik Saudi Aramco, perusahaan minyak utama Arab Saudi.


Tujuan Operation Prosperity Guardian


1. Mencegah serangan-serangan yang dilakukan oleh kelompok Houthi terhadap kapal-kapal niaga dan jalur pelayaran di Laut Merah dan Bab el-Mandeb.

2. Meningkatkan keamanan di Laut Merah dan Bab el-Mandeb, yang merupakan jalur pelayaran penting bagi dunia.

3. Menyebarkan pesan kepada kelompok Houthi bahwa mereka tidak akan dapat mengganggu jalur pelayaran di Laut Merah dan Bab el-Mandeb.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)