Kapal yang Berafiliasi dengan Israel Dihantam Drone di Lepas Pantai India

Sabtu, 23 Desember 2023 - 20:02 WIB
loading...
Kapal yang Berafiliasi dengan Israel Dihantam Drone di Lepas Pantai India
India kirim kapal perang untuk menolong kapal niaga—yang berafiliasi dengan Israel—yang dihantam drone. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - Sebuah kapal niaga yang berafiliasi dengan Israel dihantam drone di lepas pantai barat India. Menurut perusahaan keamanan maritim Inggris, Ambrey, pada Sabtu (23/12/2023), serangan ini menyebabkan kebakaran pada kapal.

Ambrey, dalam situs webnya, kebakaran di kapal tanker produk kimia berbendera Liberia terseubt berhasil dipadamkan tanpa ada korban di pihak awak kapal.

Insiden ini terjadi di perairan 200 kilometer (120 mil) barat daya Veraval, India.

“Beberapa kerusakan struktural juga dilaporkan dan sejumlah air terbawa ke dalam kapal. Kapal itu berafiliasi dengan Israel. Ia terakhir kali menelepon Arab Saudi dan pada saat itu sedang menuju ke India,” kata perusahaan itu, seperti dikutip Reuters.



Seorang pejabat Angkatan Laut India mengatakan kepada Reuters bahwa mereka menanggapi permintaan bantuan pada Sabtu pagi.

“Keselamatan awak kapal dan kapal sudah dipastikan. Angkatan Laut juga telah mengirimkan kapal perang untuk tiba di daerah tersebut dan memberikan bantuan jika diperlukan,” kata pejabat tersebut, yang menolak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk membahas insiden yang terjadi.

Insiden di perairan dekat India ini menyusul serangan drone dan rudal kelompok Houthi Yaman terhadap kapal-kapal komersial—yang menunju Israel—di Laut Merah.

Kelompok Houthi mengatakan bahwa tindakan mereka sebagai pembelaan terhadap rakyat Palestina yang dibombardir Israel di Gaza.

Serangan Houthi telah memaksa kapal-kapal pengirim barang mengubah rute yang lebih panjang di sekitar ujung selatan Afrika.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)