alexametrics

Horor, Nelayan Jepang Hampir Tertimpa Tangki Bahan Bakar Jet AS

loading...
Horor, Nelayan Jepang Hampir Tertimpa Tangki Bahan Bakar Jet AS
Sebuah jet F-16 milik AS melepaskan tanki bahan bakar eksternalnya di atas danau Jepang. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
TOKYO - Sebuah jet tempur Amerika Serikat (AS) membuang dua tangki bahan bakar ke sebuah danau di utara Jepang. Tangki bahan bakar tersebut jatuh di dekat sekitar 10 nelayan yang tengah menangkap kerang di sebuah kapal yang berada di bawahnya. Beruntung, tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut.

Lewat pernyataannya, Angkatan Udara AS mengatakan bahwa sebuah jet F-16 yang ditugaskan ke Pangkalan Udara di Misawa terpaksa membuang tangki bahan bakar eksternalnya saat terbang di atas Danau Ogawara. Hal itu dilakukan setelah mesin pesawat terbakar saat terbang.

Angkatan udara mengatakan pesawat tersebut kembali dengan selamat ke markas, dan tidak ada korban luka baik pilot maupung orang lain di lapangan.

Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengatakan para pejabat melihat bagian-bagian yang diyakini berasal dari pesawat di danau tersebut. Ia mengatakan genangan bahan bakar terlihat di permukaan air.

Asosiasi nelayan setempat dan pejabat kota pun menilai dampak dari bahan bakar yang bocor dari tangki. Pasalnya di danau tersebut sedang musim kerang, icefish dan ikan-ikan.

Nelayan lokal Takao Ebina mengatakan rekan-rekannya melihat kolom besar air naik dari permukaan danau sekitar 100 meter dari tempat mereka menangkap kerang.

"Menakutkan. Mereka mungkin akan tertimpa jika tangki bahan bakar turun sedikit lebih dekat," katanya seperti dikutip dari Washington Post, Selasa (20/2/2018).

Ada serangkaian insiden baru-baru ini yang melibatkan militer AS di pulau Okinawa, Jepang selatan, termasuk bagian pesawat yang jatuh di sekolah.

Baca juga:

Fragmen Helikopter Milik AS Jatuh di Sekolah Jepang, 1 Murid Terluka
(ian)
preload video
BACA JUGA