Menlu Italia: Hubungan dengan RI Sempurna, Dialog Lintas Agama Rutin

Rabu, 07 Februari 2018 - 23:51 WIB
Menlu Italia: Hubungan dengan RI Sempurna, Dialog Lintas Agama Rutin
Menlu Italia: Hubungan dengan RI Sempurna, Dialog Lintas Agama Rutin
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Italia Angelino Alfano mengatakan negaranya dan Indonesia memiliki kerja sama yang kuat dalam hal dialog antaragama. Dia menyebut hubungan kedua negara sangat sempurna dan dialog lintas agama masih rutin digelar.

Pujian dari diplomat Italia itu disampaikan usai melakukan pertemuan dengan Menlu Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi di Gedung Pancasila, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Dalam pernyataan bersama dengan Retno, Alfano menuturkan bahwa Italia yakin dialog lintas agama merupakan salah satu cara paling efektif untuk melawan radikalisme dan diskriminasi.

”Hubungan antara Indonesia dan Italia sangatlah sempurna. Izinkan saya mengingatan kembali bahwa kita memiliki dialog antar-agama dan antar-budaya yang secara rutin kita lakukan dan promosikan dalam beberapa tahun terakhir,” kata Alfano.

”Kita berdua sangat yakin betapa pentingnya pembicaraan semacam ini dalam rangka memupuk rasa saling menghormati antar-budaya dan agama, sebagai obat untuk melawan radikalisme dan diskrimanasi. Saya pikir kita bisa berbangga dengan diskusi yang sangat berisi ini,” ujarnya.

Alfano melanjutkan, dalam pembicaraan dengan Menlu Retno, dia juga membahas mengenai perkembangan hubungan bilateral kedua negara, khususnya dalam bidang ekonomi.

Italia adalah mitra dagang terbesar ketiga Indonesia di Uni Eropa (UE). “Kita telah membahas bagaimana meningkatkan momentum dalam hubungan bilateral kita. Masih ada potensi luas yang belum tergali, terutama dalam hal perdagangan dan investasi,” ujarnya.

“Italia adalah produsen kedua terbesar di Eropa dan ekonomi kita saling melengkapi. Kami menyadari adanya peluang besar untuk membuka kemitraan di sektor-sektor seperti energi, perencanaan kota, logistik, kerja sama maritim dan agro industri.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3660 seconds (0.1#10.140)