7 Polemik PM Benjamin Netanyahu yang Menyebabkan Kekuatan Politiknya Terus Melemah

Minggu, 17 Desember 2023 - 22:22 WIB
loading...
7 Polemik PM Benjamin Netanyahu yang Menyebabkan Kekuatan Politiknya Terus Melemah
PM Israel Benjamin Netanyahu memiliki banyak polemik. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Harapan terhadap resolusi damai terhadap konflik antara Israel dan kelompok pejuang Palestina Hamas bergantung pada perubahan kepemimpinan di puncak Knesset, karena tampaknya Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yakin perdamaian bukanlah suatu pilihan.

Setidaknya, itulah pandangan beberapa ahli, yang meyakini obsesi Netanyahu untuk memandang konflik yang sudah berlangsung puluhan tahun antara Israel dan Palestina sebagai sesuatu yang hanya bisa dikelola, bukan diakhiri, telah menghambat semua alternatif lain.

“Netanyahu tidak relevan dengan perdamaian,” kata Yossi Mekelberg, profesor hubungan internasional dan rekan Program MENA di Chatham House di London, mengatakan kepada Arab News.

Mekelberg berpandangan bahwa Israel harus “mencari kepemimpinan masa depan,” dan menambahkan bahwa, meskipun tidak berada dalam fase “aksi perdamaian” dalam konflik ini, hal ini harus “segera dimulai, jika kita tidak ingin konflik berkepanjangan terjadi lagi. periode perang dengan intensitas rendah.”

7 Polemik PM Benjamin Netanyahu yang Menyebabkan Kekuatan Politiknya Terus Melemah

1. Dukungan Rakyat Palestina Melemah

7 Polemik PM Benjamin Netanyahu yang Menyebabkan Kekuatan Politiknya Terus Melemah

Foto/Reuters

Meskipun telah mengembangkan reputasi untuk bertahan hidup dan terlahir kembali selama lebih dari 20 tahun menjabat di puncak politik Israel, hasil jajak pendapat Netanyahu menunjukkan bahwa penggulingannya dalam waktu dekat kini merupakan sebuah kemungkinan yang sangat nyata.

Mengingat dakwaan korupsi yang menantinya setelah ia dicabut dari kekebalan hukum yang diberikan oleh jabatan tinggi, maka taruhannya sangat besar.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh The Wall Street Journal menemukan bahwa dukungan warga Israel terhadap Netanyahu untuk tetap menjabat dalam jangka panjang hanya mencapai 18 persen, dengan 29 persen menuntut agar Netanyahu mundur sekarang dan 47 persen tidak melihat dia mendapat tempat di pemerintahan setelah perang berakhir. .

Diwawancarai The New Yorker, Dahlia Scheindlin, ilmuwan politik dan pakar opini publik Israel, mengatakan popularitas Netanyahu sudah mencapai titik nadir.

“Dari setiap indikator yang kami miliki, dan banyak survei yang dilakukan sejak 7 Oktober, popularitasnya sangat buruk,” kata Scheindlin. “Ini adalah yang terburuk yang pernah saya lihat, tentu saja sejak tahun 2009. Saya ingin mengatakannya, tetapi saya harus memeriksa setiap survei sejak awal tahun 90an.”

Penurunan tersebut dapat berdampak pada cara perang di Gaza dilancarkan, dimana koalisi Netanyahu, yang dibangun pada tahun 2022, telah kehilangan mayoritasnya, turun dari 64 menjadi 32 kursi di parlemen.

2. Menjadikan Hamas Jadi Alasan untuk Tetap Berkuasa

7 Polemik PM Benjamin Netanyahu yang Menyebabkan Kekuatan Politiknya Terus Melemah

Foto/Reuters

Namun, sebagian dari hilangnya dukungan publik tersebut berasal dari cara Netanyahu berusaha mengelola konflik dengan Hamas, dimana banyak warga Israel menyalahkan kegagalan kepemimpinannya atas serangan yang memicu fase kekerasan terbaru.

Osama Al-Sharif, seorang analis dan kolumnis politik Yordania, percaya bahwa nasib politik Netanyahu terkait erat dengan cara perang tersebut dilakukan.

“Skenario yang lebih mungkin terjadi mengenai rencana Israel untuk demiliterisasi Gaza adalah Netanyahu sendiri yang meninggalkan arena sebelum Hamas melakukannya ketika masyarakat mulai mengeluhkan kemenangan yang mungkin tidak akan pernah datang,” kata Al-Sharif kepada Arab News.

Dan bukan hanya para pemilih Israel yang tampaknya sudah kehabisan kesabaran. Dukungan Presiden AS Joe Biden terhadap Netanyahu dan cara pemerintahannya yang berhaluan sayap kanan dalam menangani perang telah menempatkannya dalam posisi yang tidak menguntungkan saat ia memasuki tahun pemilihannya.

Dalam pernyataan di luar kamera yang dilaporkan oleh Axios, Biden dilaporkan mengatakan: “Saya pikir dia (Netanyahu) harus berubah, dan dengan pemerintahan ini. Pemerintahan di Israel mempersulit dia untuk pindah.”

3. Mengembangkan Strategi yang Gagal

7 Polemik PM Benjamin Netanyahu yang Menyebabkan Kekuatan Politiknya Terus Melemah

Foto/Reuters

Bagi Tobias Borck, peneliti senior keamanan Timur Tengah di Royal United Services Institute di London, Netanyahu sejak awal telah dilumpuhkan oleh persepsinya sendiri mengenai konflik dengan Palestina, dan “status quo konflik yang dapat dikelola” telah terbukti sebagai strategi yang gagal.

“Ketegarannya dalam memandang Palestina hanya sebagai masalah bagi manusia adalah hal yang menghambat munculnya ide-ide baru,” kata Borck kepada Arab News.

Hal ini telah menciptakan “hal tengah yang sepenuhnya tidak berkelanjutan: Baik satu negara bagian, maupun dua negara bagian. Ini bukanlah solusi terhadap masalah tersebut. Ini adalah kebingungan yang disebabkan oleh posisi yang diambil Netanyahu beberapa dekade lalu. Bahwa dia belum menemukan ide-ide baru bukanlah hal yang mengejutkan.”

Setelah gencatan senjata selama tujuh hari, di mana Hamas membebaskan beberapa sandera sebagai imbalan bagi warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel, kampanye pengeboman IDF kembali dilanjutkan, sehingga jumlah korban sipil di Gaza menjadi lebih dari 18.000, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.

4. Berambisi Memenangkan Perang

7 Polemik PM Benjamin Netanyahu yang Menyebabkan Kekuatan Politiknya Terus Melemah

Foto/Reuters

Dengan latar belakang ini, beberapa sumber yang tidak disebutkan namanya yang berbicara dengan media AS mengatakan bahwa Washington mungkin akan mencoba untuk memaksa Israel dan memaksakan diakhirinya kekerasan pada hari Natal. Borck mengatakan dia telah mendengar rumor tersebut, namun tidak yakin akan kebenarannya.

Yang menjadi sangat jelas adalah “nada Amerika sedang berubah dan berubah dari sikap terbuka menjadi keinginan untuk mengakhirinya,” katanya.

“Anda bisa menelusuri pergeserannya selama dua bulan terakhir. Pergeseran ini terus berlanjut, dan titik akhirnya tidak bisa dihindari: Gencatan Senjata sekarang juga. Yang penting adalah apa yang Amerika anggap sebagai Israel telah mencapai tujuan perang mereka. Ingat masih ada orang Amerika yang disandera.”

Borck tidak mengharapkan Israel untuk langsung meletakkan senjata mereka begitu Washington menyerukan “gencatan senjata sekarang.” Sebaliknya, ia berharap melihat mereka menantang dan mengutuk campur tangan AS.

5. Menentang Berdirinya Negara Palestina

7 Polemik PM Benjamin Netanyahu yang Menyebabkan Kekuatan Politiknya Terus Melemah

Foto/Reuters

Namun, perubahan sikap Washington sebenarnya bisa menjadi peluang terbaik Netanyahu untuk kelangsungan politiknya. Reuters mengutip jajak pendapat baru-baru ini yang menunjukkan dukungan masyarakat yang sangat besar terhadap perang tersebut, meskipun ada korban jiwa di kalangan warga sipil di Gaza.

Salah satu mantan duta besar Israel untuk Washington, Itamar Rabinovich, mengatakan kepada The New York Times bahwa Netanyahu lebih fokus pada pemilu yang tertunda dan juga pada perang.

“Dia sedang mempertimbangkan potensi kampanye pemilu beberapa bulan ke depan. Ini akan menjadi platformnya: ‘Saya adalah pemimpin yang dapat melawan Biden dan mencegah terbentuknya negara Palestina’,” kata Rabinovich.

Biden tampaknya ingin memisahkan dukungan terhadap Israel dan dukungan terhadap Netanyahu. Awal pekan ini, presiden AS mengatakan Israel kehilangan dukungan internasional karena pemboman yang tidak pandang bulu.

6. Bersikap Oposisi terhadap Joe Biden

Sementara itu, Netanyahu tampaknya bergerak untuk mengidentifikasi dirinya sebagai oposisi terhadap Biden, dengan menyatakan dalam pernyataannya baru-baru ini: “Kami terus melanjutkannya sampai akhir, tidak ada pertanyaan. Saya mengatakan hal ini meskipun ada rasa sakit yang luar biasa dan tekanan internasional. Tidak ada yang akan menghentikan kita.”

Ahron Bregman, pengajar senior di Departemen Studi Perang di King’s College London, mengatakan kepada Arab News bahwa dia masih ragu-ragu untuk mencoret Netanyahu, dan menyatakan bahwa, setelah 30 tahun menulis berita kematian politik, masih terlalu dini untuk mengatakannya.

Senada dengan orang lain yang berbicara kepada Arab News, ia juga skeptis bahwa perubahan kepemimpinan di puncak politik Israel akan menghasilkan perubahan yang berarti bagi rakyat Palestina.

“Itu tidak terlalu penting, karena siapa pun yang menggantikannya kemungkinan besar akan melanjutkan kebijakan yang sama, yaitu menggunakan kekerasan brutal untuk menindas warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat. Israel tidak beruntung karena pada saat kritis ini, mereka tidak memiliki (David) Ben-Gurion,” katanya, merujuk pada pendiri dan perdana menteri pertama Israel.

Hal ini terjadi dalam sejarah negara-negara yang seringkali, pada saat-saat kritis, ketika seseorang membutuhkan pemimpin yang berani, berani dan mampu berpikir out of the box, namun mereka tidak ada.”

7. Zona Penyangga yang Menuai Polemik

Bregman mengatakan bahwa hal ini telah membuat rakyat Palestina berada dalam posisi yang tidak menyenangkan, namun menyarankan agar mereka yang mendukung perjuangan mereka sebaiknya mengarahkan energi mereka “bukan pada solusi jangka panjang tetapi untuk memastikan bahwa Israel, ketika perang ini selesai, keluar dari Palestina.”

Hal ini juga berarti memastikan bahwa jika Israel menginginkan zona penyangga yang memisahkannya dari Gaza, maka zona tersebut harus dibangun di wilayah Israel, katanya.

Jika, seperti yang dikemukakan beberapa orang, Pasukan Pertahanan Israel sedang mencari kemungkinan mengubah Gaza utara menjadi zona penyangga, Bregman mengatakan bahwa kehadiran Israel di Jalur “kecil” tersebut, meskipun hanya “sementara,” hanya akan berfungsi untuk “ menunda lebih jauh lagi solusi jangka panjang terhadap konflik tersebut.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)