DPR AS Resmi Ingin Gulingkan Presiden Joe Biden

Kamis, 14 Desember 2023 - 12:05 WIB
loading...
A A A
Namun, para ahli yang diwawancarai selama persidangan mengatakan tidak ada bukti yang membenarkan pemakzulan Biden.

Partai Demokrat mengatakan Partai Republik hanya bermain politik.

“Tidak ada bukti bahwa Presiden Biden terlibat dalam kesalahan apa pun,” kata Pemimpin Minoritas DPR Hakeem Jeffries pada hari Selasa.

Namun, Partai Republik mengatakan bahwa dengan melakukan penyelidikan penuh, mereka akan mendapatkan kekuatan hukum baru yang memungkinkan mereka menemukan bukti yang mereka perlukan.

“Ini waktunya untuk mendapatkan jawaban dari rakyat Amerika,” kata Ketua DPR Mike Johnson di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Konstitusi AS menetapkan bahwa Kongres dapat memberhentikan seorang presiden karena "pengkhianatan, penyuapan, atau kejahatan berat dan pelanggaran ringan lainnya."

Pemakzulan oleh DPR, yang secara politis setara dengan dakwaan pidana, akan memicu persidangan di Senat, dan presiden akan kehilangan jabatannya jika terbukti bersalah—sebuah skenario yang tidak mungkin terjadi bagi Biden mengingat kendali Senat dari Partai Demokrat.

Meskipun tiga presiden AS telah dimakzulkan—Andrew Johnson pada tahun 1868, Bill Clinton pada tahun 1998, dan Trump pada tahun 2019 dan 2021—tidak ada yang pernah dicopot dari jabatannya oleh Senat.

Richard Nixon mengundurkan diri pada tahun 1974 dalam menghadapi pemakzulan yang hampir pasti akibat skandal Watergate.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)