Pesawat Nirawak Houthi Incar Kapal Perang AS tapi Ditembak Jatuh

Kamis, 14 Desember 2023 - 10:38 WIB
loading...
Pesawat Nirawak Houthi Incar Kapal Perang AS tapi Ditembak Jatuh
Kapal perang USS Mason milik Amerika Serikat menembak jatuh pesawat nirawak Houthi Yaman yang hendak menyerangnya di Laut Merah. Foto/US Navy
A A A
TEL AVIV - Kapal perang Amerika Serikat (AS), USS Mason, pada hari Rabu menembak jatuh pesawat nirawak atau drone yang diluncurkan kelompok Houthi Yaman di kawasan Laut Merah.

Insiden kemarin merupakan aksi kedua dalam bulan ini oleh kapal USS Mason. Itu terjadi beberapa hari setelah kapal komersial yang dibantu USS Mason jadi target serangan rudal jelajah di Selat Bab-el-Mandeb di Laut Merah.

Menurut seorang pejabat pertahanan AS, USS Mason menjatuhkan drone yang menuju ke arahnya sebagai tindakan pertahanan diri. Namun pejabat tersebut tidak merinci apakah drone tersebut secara khusus menargetkan kapal perang AS tersebut.



“Pada saat penembakan terjadi, USS Mason sedang menanggapi laporan bahwa sebuah kapal tanker minyak komersial diserang oleh tersangka pasukan Houthi,” kata pejabat pertahanan tersebut kepada Navy Times tanpa disebutkan namanya, yang dilansir Kamis (14/12/2023).

“Saat ini kami tidak mengetahui adanya cedera pada personel atau kerusakan pada kapal.”

Baik USS Mason maupun kapal perusak USS Carney, keduanya telah menembak jatuh drone dalam beberapa pekan terakhir dan memberikan bantuan kepada kapal-kapal komersial di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan yang dipicu oleh perang Israel-Hamas di Gaza, Palestina.

Pada hari Senin, USS Mason memberikan bantuan kepada kapal tanker minyak dan kimia berbendera Norwegia; Strinda, setelah sebuah rudal jelajah anti-kapal menghantamnya, yang menyebabkan kebakaran dan kerusakan di atas kapal tersebut.

USS Mason juga menembak jatuh sebuah drone pada 6 Desember, hanya beberapa hari setelah USS Carney menembak jatuh beberapa drone pada awal pekan itu ketika beberapa kapal dagang diserang oleh rudal yang ditembakkan dari wilayah Yaman yang dikuasai pemberontak Houthi.

“Kami juga mempunyai alasan kuat untuk meyakini bahwa serangan-serangan ini, meskipun dilancarkan oleh kelompok Houthi di Yaman, sepenuhnya dilakukan oleh Iran,” kata Komando Pusat AS dalam sebuah pernyataan awal bulan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)