Militer Zionis: 20 Tentara Israel Tewas Ditembak Rekan Sendiri saat Perang Melawan Hamas

Rabu, 13 Desember 2023 - 09:17 WIB
loading...
Militer Zionis: 20 Tentara Israel Tewas Ditembak Rekan Sendiri saat Perang Melawan Hamas
Militer Israel umumkan 20 tentaranya tewas ditembak rekan mereka sendiri dalam perang melawan Hamas di Gaza, Palestina. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Militer Zionis Israel mengonfirmasi 105 tentaranya telah tewas selama perang darat melawan Hamas di Gaza, Palestina. Sebanyak 20 di antaranya tewas ditembak rekan sendiri atau insiden friendly-fire.

Sayap militer Hamas Brigade Izz ad-Din al-Qassam tidak percaya dengan data yang diumumkan militer Zionis. Pasukan Hamas itu meyakini jumlah tentara Israel yang tewas dalam perang jauh lebih banyak dari yang diumumkan secara resmi.

Menurut Army Radio, media militer Zionis, sebuah pernyataan militer mengungkapkan bahwa dari 105 tentara Israel yang tewas dalam invasi darat, sejauh ini, 20 di antaranya tewas dalam insiden friendly-fire dari pihak mereka sendiri.



Mengingat bahwa militer pendudukan Israel terus-menerus melakukan penilaian terhadap pertempuran yang sedang berlangsung di Gaza, termasuk data seputar insiden friendly-fire, pengumuman tersebut lebih lanjut mengklarifikasi bahwa, dari jumlah tersebut, 13 tentara ditembak oleh sesama pasukan Israel karena disangka sebagai pejuang perlawanan Palestina.

Dua tentara lainnya tertabrak kendaraan militer. Kemudian dua tentara tewas terkena pecahan bahan peledak yang diledakkan oleh pasukan Israel dan satu orang tewas terkena peluru nyasar.

Berbagai alasan yang mengakibatkan insiden tersebut, menurut pernyataan itu, termasuk banyaknya pasukan yang beroperasi di Gaza, masalah komunikasi antara pasukan, serta tentara yang kelelahan dan tidak memperhatikan peraturan.

Mengutip laporan Middle East Monitor, Rabu (13/12/2023), pengakuan militer Israel atas tingginya tingkat insiden friendly-fire dalam invasi daratnya ke Gaza terjadi di tengah kecurigaan besar bahwa pasukan Pendudukan Israel menyembunyikan jumlah sebenarnya kerugian mereka dalam operasi tersebut.

Beberapa laporan media Israel sendiri menyatakan bahwa jumlah tentara yang tewas adalah berkali-kali lipat lebih tinggi dari yang dilaporkan, sinkron dengan klaim oleh Hamas.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)