Pengakuan Bocah dan Pria Palestina Jadi Tahanan Israel: Kami Seolah-olah Lebih Rendah dari Manusia

Selasa, 12 Desember 2023 - 22:25 WIB
loading...
Pengakuan Bocah dan Pria Palestina Jadi Tahanan Israel: Kami Seolah-olah Lebih Rendah dari Manusia
Mahmoud dan Nader Ziindah termasuk di antara ratusan pria dan anak-anak Palestina yang ditangkap, dipukuli dan diinterogasi selama berhari-hari oleh pasukan Israel. Foto/Al Jazeera
A A A
YERUSALEM - Di dalam salah satu ruangan Rumah Sakit Martir Al-Aqsa, Mahmoud Zindah tetap berada di dekat dengan ayahnya, Nader. Kengerian selama seminggu terakhir terukir di wajah mereka berdua. Mata mereka melebar, melihat sekeliling.

Remaja berusia 14 tahun dan ayahnya termasuk di antara ratusan warga Palestina yang ditangkap pada tanggal 5 Desember oleh pasukan Israel di daerah Shujayea, sebelah timur Kota Gaza. Mereka mengalami penyiksaan dan degradasi selama lima hari sebelum dibebaskan – tanpa penjelasan apa pun.

“Salah satu tentara mengatakan saya mirip keponakannya dan keponakan ini dibunuh di depan neneknya yang disandera Hamas dan tentara akan membantai kami semua,” ungkap Mahmoud dengan suaranya yang bergetar seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (12/12/2023).



Sebelum cobaan berat yang mereka alami, keluarga Zindah terjebak di rumah mereka di lingkungan Zeitoun di Kota Gaza selama dua hari. Mereka tidak dapat keluar ketika tank-tank Zionis bergerak maju dan tembakan artileri semakin dekat. Mereka yang berani meninggalkan rumah untuk keperluan penting apa pun ditembak jatuh di jalan oleh penembak jitu.

Pada hari ketiga, keluarga yang tidur di lantai keramik yang dingin di bawah kasur untuk melindungi mereka dari kemungkinan pecahan peluru yang beterbangan, terbangun dan menemukan tank-tank tersebut di jalan mereka.

“Kami mendengar tentara berteriak dan suara tank terdengar semakin keras,” kata Nader (40).

“Saya merasa ada yang tidak beres, jadi saya pergi ke rumah di belakang saya yang letaknya jauh dari jalan raya. Sebelum saya mencapainya, saya berhenti karena terkejut. Rumah itu bergerak!

“Kemudian saya menyadari bahwa buldoser Israel merobohkan temboknya dan tentara juga menembakkan peluru tajam," tambahnya.

Nader dengan cepat merobek beberapa lembar kertas putih menjadi “bendera” kecil untuk dibawa oleh masing-masing delapan anaknya. Mereka keluar satu per satu dari pintu depan mereka, ketika orang-orang dewasa berteriak bahwa ada orang di dalam rumah. Buldoser berhenti, begitu pula penembakan. Namun tiba-tiba rumah itu penuh dengan tentara Israel.

“Mereka menyuruh kami mengosongkan tas kami di lantai dan menghalangi kami mengambil uang atau emas istri kami,” kenang Nader.

“Sesedikit apa pun makanan yang kami punya, mereka juga membuangnya. Mereka mengambil uang, kartu identitas, dan telepon kami,” tuturnya.

Para tentara membagi rumah: perempuan dan anak-anak kecil di satu ruangan dan laki-laki serta remaja laki-laki di ruangan lain. Kemudian mereka menyuruh Nader, Mahmoud, saudara iparnya, dan kerabat laki-laki lainnya untuk telanjang, lalu mendorong mereka keluar.

“Mereka menangkap sedikitnya 150 pria dari rumah sekitar dan menutup mata serta memborgol kami semua di jalan,” jelas Nader.

Ketika tentara Israel memaksa orang-orang tersebut ke belakang beberapa truk, Nader memastikan Mahmoud ada di pangkuannya, takut dengan apa yang akan mereka lakukan terhadap putranya jika mereka dipisahkan.



“Saya tidak ingin kehilangan anak saya, saya juga tidak ingin anak saya kehilangan ayahnya,” ujarnya.

Para pria segera menyadari bahwa ada juga wanita di dalam truk, yang terus mengerem secara tiba-tiba, menyebabkan para tahanan terjatuh satu sama lain.

“Mata kami semua ditutup, jadi kami tidak bisa melihat satu sama lain, tapi kami mendengar para perempuan tersebut meminta kami untuk menjaga mereka seperti kami menjaga saudara perempuan kami sendiri,” ungkap Nader. “Ada juga anak-anak kecil bersama mereka,” imbuhnya.

Truk itu berhenti, dan sekali lagi, pria dan wanita dipisahkan. Para pria dan remaja laki-laki tersebut dibawa ke sebuah gudang dan mereka duduk di lantai kosong yang ditutupi butiran beras yang berserakan. Di sana mereka dipukuli, diinterogasi dan dicaci maki. Tidak boleh tidur, dan butiran beras memotong kulit mereka saat mereka duduk di sana, tanpa pakaian.

Kelaparan dan Dipukuli Selama Berhari-hari


Mohammed Odeh (14) diambil dari lingkungan Wadi al-Arayes di Zeitoun yang sama dengan keluarga Zindah, di mana dia dan keluarganya terjebak di rumah mereka selama lima hari, kelaparan.

Dua anak laki-laki tetangga yang pergi mencari air dibunuh di jalan oleh penembak jitu Israel. Setelah buldoser merobohkan tembok beberapa rumah, tentara menyeret laki-laki dan remaja tersebut keluar, menampar, meninju dan memukul mereka dengan senjata.

“Tidak ada alasan bagi mereka,” kenang Mohammed. “Mereka terus berkata, ‘Kalian semua adalah Hamas.’ Mereka menulis angka di lengan kami. Nomor saya 56,” ungkapnya.

Saat dia merentangkan tangannya, tanda merah masih terlihat di kulitnya.

“Saat mereka berbicara kepada kami dalam bahasa Ibrani dan kami tidak mengerti, mereka akan memukuli kami,” lanjutnya.

“Mereka memukul punggung saya, tempat ginjal dan kaki saya berada. Mereka mengambil keluarga saya, dan saya tidak tahu di mana mereka berada,” katanya, suaranya pecah.



Sebelum mereka dipaksa masuk ke dalam gudang, tentara perempuan Israel datang dan meludahi laki-laki tersebut, kenang Mohammed.

Di dalam gudang, merupakan hal yang lumrah jika lima tentara tiba-tiba masuk dan memukuli satu orang sementara yang lain terpaksa mendengarkan jeritan kesakitannya. Jika ada pria dan remaja yang tertidur karena kelelahan, tentara akan menuangkan air dingin ke mereka.

“Penghinaan mereka terhadap kami tidak wajar, seolah-olah kami adalah makhluk yang lebih rendah,” kata Mohammed.

“Beberapa orang tidak kembali dari sesi penyiksaan,” kata Nader dengan muram. “Kami hanya mendengar teriakan mereka dan kemudian tidak mendengar apa pun,” imbuhnya.

Pada suatu saat, Mahmoud memberi tahu ayahnya bahwa pergelangan tangannya berdarah akibat borgol. Seorang tentara mendengarnya, bertanya di bagian mana yang sakit dan kemudian menekan di tempat itu. Nader mencoba melindungi putranya, dan salah satu tentara mencoba menyeret remaja itu pergi. Saat Mahmoud melawan, wajahnya ditendang. Tandanya masih terlihat.

“Ayah saya terus meneriaki mereka bahwa saya masih anak-anak dan melemparkan dirinya ke atas saya,” katanya.

“Saya mendengar seorang tentara berbicara dengan aksen Amerika, dan saya mengatakan kepadanya dalam bahasa Inggris bahwa saya hanyalah seorang anak kecil yang bersekolah,” ujarnya.

Namun kata-kata mereka tidak didengarkan.

Dengan mata tertutup dan diborgol sepanjang waktu, para pria dan anak laki-laki tersebut mengalami pemukulan selama berjam-jam.

“Mereka mengutuk kami, melontarkan kata-kata kotor,” kata Nader, yang menderita pukulan yang sangat menyakitkan di kepalanya.

“Beberapa dari mereka berbicara bahasa Arab. Setiap kali Anda mencoba berbicara, meminta untuk pergi ke kamar mandi atau ingin minum air, mereka akan datang dan memukuli kami, menggunakan popor senapan M16 mereka,” ungkapnya.

Para prajurit menginterogasi mereka dan mengancam akan membunuh mereka semua. Mereka menuduh warga Palestina mencuri jip tentara mereka dan memperkosa wanita Israel. Ketika mereka bertanya kepada Mahmoud di mana dia berada pada tanggal 7 Oktober dan dia menjawab bahwa dia sedang tidur di rumah, tentara tersebut memukulnya.

“Mereka mengalami rasisme yang luar biasa. Mereka sangat membenci kami,” kata Nader. “Ini bukan tentang Hamas. Ini tentang memusnahkan kita semua. Ini tentang genosida, yang ditandatangani oleh (Presiden AS) Biden.”

Para lelaki itu hanya diberi beberapa tetes air dan beberapa potong roti untuk dimakan. Beberapa dari mereka terpaksa buang air di tempat sementara yang lainnya diberikan ember yang berbau busuk.

Pada hari kelima, Sabtu, Nader, Mahmoud, dan 10 pria lainnya dibawa ke Nitzarim, bekas pemukiman di selatan Kota Gaza yang telah diubah menjadi lahan pertanian setelah pelepasan Israel pada tahun 2005. Sekarang menjadi pos pemeriksaan Israel tepat sebelum Wadi Gaza dan orang-orang tersebut dibebaskan di sana dan disuruh menuju ke selatan.

Kelompok tersebut membuka penutup mata mereka dan membiarkan mata mereka menyesuaikan diri dengan cahaya setelah hari-hari gelap. Mereka kelelahan dan lapar dan masih belum punya pakaian. Setelah berjalan dengan susah payah selama dua jam, sekelompok warga Palestina melihat mereka.

“Mereka memberi kami pakaian dan air,” kata Nader. “Ambulans dipanggil, dan kami tiba di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa, di mana kami segera diberi cairan infus.”

“Saya pikir saya tidak punya kesempatan untuk keluar hidup-hidup,” tambahnya.

“Itu adalah neraka di bumi. Rasanya seperti menghabiskan lima tahun di gudang itu. Saya tidak menginginkan hal ini terjadi pada siapa pun,” tukasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)