AS Diam-diam Tekan Israel: Selesaikan Perang Gaza Akhir Tahun Ini atau....

Selasa, 12 Desember 2023 - 03:33 WIB
loading...
AS Diam-diam Tekan Israel: Selesaikan Perang Gaza Akhir Tahun Ini atau....
AS diam-diam tekan Israel untuk selesaikan perang Gaza akhir tahun Ini atau akan kehilangan dukungan Washington. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) diam-diam menekan Israel untuk menyelesaikan perangnya melawan Hamas di Gaza, Palestina pada akhir tahun ini atau berisiko kehilangan dukungan Washington untuk operasi militernya.

Langkah Amerika itu diungkap The Economist, mengutip sumber yang mengetahui diskusi diplomatik antara kedua sekutu tersebut.

Kecaman internasional terhadap operasi militer Israel di daerah kantong Palestina tersebut terus meningkat selama sembilan minggu terakhir.

Beberapa pemimpin dunia menyuarakan keprihatinan yang sama mengenai memburuknya krisis kemanusiaan di Gaza seiring dengan semakin intensifnya pengeboman militer Israel setelah serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober. Israel mengeklaim 1.147 warganya tewas dalam serangan itu, sementara sekitar 240 orang disandera.



Menurut laporan The Economist, tanda-tanda menunjukkan bahwa kesabaran Washington terhadap serangan Israel ke Gaza semakin menipis, terlebih para pejabat kesehatan Palestina mengatakan jumlah korban tewas di Gaza mendekati 18.000 orang, sebagian besar adalah warga sipil.

Mengutip sumber anonim, media tersebut melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengeluarkan peringatan tertutup selama perjalanannya baru-baru ini ke Israel: “Selesaikan pada akhir tahun ini, atau dukungan AS akan terkikis.”

Secara terbuka, tidak ada pemerintah yang menyebutkan batas waktu apa pun untuk mengakhiri serangan militer Israel di Gaza.

Berbicara kepada CNN pada hari Minggu, Blinken mengatakan durasi perang adalah “keputusan yang harus diambil Israel.”

Namun, kepala diplomat AS itu juga mengakui bahwa diskusi telah dilakukan dengan para pejabat Israel mengenai bagaimana negara tersebut “berurusan dengan Hamas.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)