Adakah Negara ASEAN yang Menjadi Sekutu Israel?

Minggu, 10 Desember 2023 - 11:30 WIB
loading...
Adakah Negara ASEAN yang Menjadi Sekutu Israel?
Adakah negara ASEAN yang menjadi sekutu Israel? Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Konflik bersenjata yang terjadi di Jalur Gaza tidak menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Sebaliknya, Israel telah memperluas serangan daratnya ke bagian selatan Jalur Gaza dengan menyerang Khan Younis sejak gagalnya upaya untuk memperpanjang gencatan senjata pekan lalu.

Ditengah konflik yang konflik bersenjata yang telah menimbulkan krisis kemanusiaan itu, sekutu kental Israel Amerika Serikat (AS) dengan tegas menolak upaya gencatan senjata di Jalur Gaza dengan menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB.

Selain Amerika Serikat (AS), Israel memiliki sekutu yang loyal terutama negara-negara Barat. Namun adakah negara yang menjadi sekutu Israel di wilayah Asia, khususnya negara anggota ASEAN?

Hingga saat ini, tidak ada negara ASEAN yang secara resmi menyebut diri mereka sebagai sekutu negara Zionis itu. Meski begitu, diketahui beberapa negara ASEAN mendukung dan memiliki hubungan diplomatik dengan Israel serta telah menjalin kemitraan dan kerja sama di berbagai bidang.

Negara-negara ASEAN yang Mendukung Israel


Berikut adalah daftar negara ASEAN yang mendukung Israel

1. Singapura


Singapura mengakui kedaulatan Israel sebagai sebuah negara sejak 1969. Negara ini lantas menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dimulai pada tahun 1970. Singapura dan Israel memiliki kerjasama di bidang pertahanan, perdagangan, teknologi, dan pendidikan. Kedua negara tersebut saling membutuhkan dan menjalin hubungan kerjasama yang harmonis hingga sekarang ini.

Meski begitu, Singapura juga menjadi negara yang menolak penindasan. Singapura pun juga mendukung solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

2. Filipina


Filipina juga termasuk negara yang mendukung negara Israel. Filipina bahkan satu-satunya negara Asia yang mendukung pembentukan negara Israel pada 1947 di PBB.

Kedua negara tersebut telah menandatangani perjanjian persahabatan sejak 26 Februari tahun 1958. Kerja sama kedua negara terjalin dalam bidang ekonomi, teknologi, militer, pertanian, dan budaya.

Hubungan diplomatik keduanya semakin erat setelah kedutaan besar Israel di Manila dan kedutaan besar Filipina di Tel Aviv dibuka pada tahun 1962.

Sejarah kemudian mencatat presiden kontroversial Filipina, Rodrigo Duterte, menjadi presiden pertama negara itu yang pernah menginjakkan kaki di Israel.

3. Thailand


Negara ASEAN lain yang mengakui Israel adalah Thailand. Itu dilakukan pada tahun 1954. Kedutaan besar dua negara ini mulai didirikan pada tahun 1958. Hingga saat ini Thailand masih menjadi negara yang menjalin hubungan dekat dengan Israel. Thailand dan Israel juga telah merayakan peringatan ke-60 hubungan diplomatik mereka.

4. Vietnam


Vietnam mengakui kedaulatan Israel sebagai negara sejak 1993 dan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel sejak 1994. Vietnam dan Israel memiliki kerja sama di bidang perdagangan, investasi, pertanian, sains, teknologi, dan pendidikan. Oleh karenanya hubungan kedua negara ini cukup berkembang baik.

Meski menjalin kerja sama dengan Israel, Vietnam juga menjadi negara yang mendukung solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

5. Myanmar


Hubungan diplomatik antara kedua negara ini pertama kali terjalin pada 1953. Myanmar jadi salah satu negara Asia yang mengakui kedaulatan Israel paling awal, dan langsung menjalin hubungan diplomatik.

Sejak itu persahabatan kedua negara terjalin dengan kuat.

Israel dan Myanmar memiliki kantor kedutaan besar di Tel Aviv dan Yangon. Kedunya juga menjalin kerja sama yang difokuskan pada sektor pertanian dan pendidikan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0817 seconds (0.1#10.140)