Miris, Rekaman Masjid Tertua di Gaza Hancur Jadi Puing setelah Dibom Israel

Minggu, 10 Desember 2023 - 00:01 WIB
loading...
Miris, Rekaman Masjid Tertua di Gaza Hancur Jadi Puing setelah Dibom Israel
Masjid Agung Omari di Jalur Gaza sebelum dibom Israel. Foto/anadolu
A A A
GAZA - Masjid Omari di Gaza yang sangat legendaris telah dibom oleh pesawat tempur Israel. Bangunan kuno tersebut hampir hancur total, menurut kelompok pejuang Palestina Hamas pada Jumat (8/12/2023).

Kehancuran masjid itu bagian dari upaya Israel menghancurkan sejarah Gaza dengan meratakan ratusan masjid dan gereja kuno di wilayah tersebut.

Gambar yang dibagikan di media sosial dan diidentifikasi oleh wartawan RT di Gaza sebagai gambar Masjid Omari menunjukkan kerusakan besar pada bangunan tersebut, dengan hanya menara batu kuno yang masih berdiri.



Masjid Agung Omari dianggap sebagai salah satu masjid paling penting dan tertua di Palestina dan yang pertama dibangun di daerah kantong tersebut.

Hamas bereaksi terhadap insiden tersebut dengan menyebutnya sebagai “kejahatan keji dan biadab” sebagaimana dikutip Reuters.

Kelompok Palestina itu mendesak Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) untuk melindungi banyak bangunan bersejarah di Gaza.

Ini bukan pertama kalinya infrastruktur sipil, termasuk situs budaya dan warisan dunia, menjadi sasaran Pasukan Pertahanan Israel (IDF) saat mereka melakukan serangan brutal di Gaza.

Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang. Sebelumnya, rezim kolonial Zionis telah menangkap ribuan warga Palestina dan menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa.

“Tempat ibadah lainnya, Masjid Othman bin Qashqar di Kota Gaza, terkena serangan udara pada hari Kamis,” ungkap Hamas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)