Hamas: Operasi Badai Al-Aqsa Adalah Kelanjutan Intifada untuk Pembebasan Palestina

Sabtu, 09 Desember 2023 - 19:32 WIB
loading...
Hamas: Operasi Badai Al-Aqsa Adalah Kelanjutan Intifada untuk Pembebasan Palestina
Hamas mengklaim Operasi Badai Al-Aqsa sebagai kelanjutan intifada. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Gerakan perlawanan Palestina Hamas mengatakan Operasi Badai Al-Aqsa adalah kelanjutan dari Intifada (pemberontakan) heroik yang dimulai lebih dari tiga dekade lalu. Operasi Badai Al-Aqsa itu akan menghasilkan pembebasan penuh atas Palestina dan berakhirnya pendudukan Israel.

Hamas mengatakan peringatan 36 tahun Intifada Batu, juga dikenal sebagai Intifada Pertama, yang melibatkan demonstrasi massal dan bentrokan sengit yang terjadi di seluruh wilayah Palestina pada tahun 1987 setelah empat pemuda Palestina dibunuh oleh tentara Israel di sebuah pos pemeriksaan di Gaza serta penembakan hingga tewas seorang anak laki-laki berusia 17 tahun selama protes tidak bersenjata.

Intifada kedua dimulai pada tahun 2000 dan dikenal sebagai Intifada al-Aqsa. Hal ini dipicu oleh kunjungan mantan perdana menteri Israel Ariel Sharon ke kompleks Masjid al-Aqsa.

“Peringatan Intifada Batu pada 8 Desember 1987, terjadi di tengah agresi Nazi yang dilancarkan pendudukan Zionis terhadap rakyat kami di Jalur Gaza selama lebih dari dua bulan, yang belum berhasil mencapai apa pun,” kata Hamas, dilansir Press TV.

“Intifada Batu merupakan tonggak penting dalam sejarah perjuangan rakyat kami yang sedang berlangsung. Percikannya memancar dari tanah kebanggaan Gaza dan apinya menyebar ke seluruh pelosok negara," ungkap Hamas.



Pernyataan itu mengatakan Operasi Badai al-Aqsa adalah sebuah “epik sejarah besar” yang dilancarkan oleh Brigade al-Qassam, sayap militer Hamas, dan kelompok perlawanan Palestina lainnya, dan menggarisbawahi hak sah rakyat Palestina untuk mempertahankan diri, tanah mereka, dan kesucian wilayah mereka.

“Badai Al-Aqsa adalah kelanjutan alami dari pemberontakan rakyat kami untuk menghadapi agresi pendudukan Nazi, dan untuk menggagalkan semua rencana penyelesaian dan Yudaisasi,” tambah Hamas.

Pernyataan tersebut menyerukan pemuda Palestina di kota-kota, desa-desa dan kamp-kamp di Tepi Barat yang diduduki untuk menghadapi pasukan rezim Israel dan pemukim “dengan segala cara,” sejalan dengan pertempuran Badai al-Aqsa dan untuk mempertahankan tanah dan wilayah mereka. kesucian.

Pernyataan tersebut juga menyerukan negara-negara Arab dan Muslim serta para pencari kebebasan di dunia untuk melanjutkan solidaritas mereka dengan warga Palestina di Jalur Gaza yang terkepung, dan untuk melakukan unjuk rasa dan demonstrasi untuk mengutuk agresi Israel dan mendukung perjuangan Palestina dan menuju kebebasan dan penentuan nasib sendiri dengan mendirikan Negara Palestina dengan al-Quds sebagai ibu kotanya.

Israel melancarkan perang di Gaza pada 7 Oktober setelah kelompok perlawanan Palestina yang dipimpin Hamas melancarkan Operasi Badai Al-Aqsa yang mengejutkan terhadap entitas pendudukan sebagai tanggapan terhadap kampanye pertumpahan darah dan kehancuran yang dilakukan rezim tersebut selama puluhan tahun terhadap warga Palestina.

Lebih dari 17.400 orang, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, tewas dan lebih dari 46.480 lainnya terluka dalam serangan udara dan darat Israel yang tiada henti di Gaza.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0795 seconds (0.1#10.140)