104 Masjid Dihancurkan Zionis, Hamas Minta UNESCO Turun Tangan Selamatkan Warisan Sejarah

Sabtu, 09 Desember 2023 - 16:55 WIB
loading...
104 Masjid Dihancurkan Zionis, Hamas Minta UNESCO Turun Tangan Selamatkan Warisan Sejarah
Lebih dari 104 masjid dihancurkan Zionis saat invasi ke Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Hamas mengatakan bahwa Israel mengebom Masjid Omari abad pertengahan di Gaza, menyebabkan kerusakan luas pada situs bersejarah tersebut. Hamas juga mendesak UNESCO untuk melindungi bangunan bersejarah di wilayah Palestina yang terkepung.

Rekaman dan gambar yang diposting di media sosial oleh kelompok Palestina pada hari Jumat menunjukkan Masjid Agung Omari, yang terbesar dan tertua di Kota Gaza, hancur menjadi puing-puing.

Hanya menaranya yang tampak utuh, dan sekelilingnya hancur. Situs tersebut telah menjadi situs suci umat Kristiani atau Islam setidaknya sejak abad kelima.

“Kejahatan yang menargetkan dan menghancurkan situs arkeologi harus mendorong dunia dan UNESCO mengambil tindakan untuk melestarikan warisan peradaban dan budaya yang besar ini,” kata Kementerian Pariwisata dan Purbakala Gaza, dilansir Al Jazeera. Diperkirakan 104 masjid telah dihancurkan sejak dimulainya serangan Israel di Gaza pada 7 Oktober.

Warga Palestina di Gaza menyatakan kemarahannya setelah melihat gambar tersebut. “Saya telah berdoa di sana dan bermain-main dengannya sepanjang masa kecil saya,” kata Ahmed Nemer, 45 tahun, kepada kantor berita Reuters, sambil menuduh Israel “berusaha menghapus ingatan kita”.

Nemer, yang tinggal di jalan sebelah Masjid Omari, berbicara dari Gaza selatan, tempat ia melarikan diri untuk mencari perlindungan dari pemboman.

Mohammad Rajab, seorang sopir taksi dari Kota Gaza yang juga melarikan diri ke selatan dari rumahnya yang berjarak beberapa ratus meter dari masjid, mengatakan bahwa itu adalah landmark kota yang paling penting. “Ini biadab,” katanya.



Kemudian, Hamas mengatakan Masjid Othman bin Qashqar, juga di Kota Gaza, terkena serangan udara pada hari Kamis. Mereka juga mengutuk penghancuran Hammam al-Samara, pemandian gaya Turki terakhir di wilayah tersebut, tempat warga Palestina di Gaza mandi selama lebih dari 1.000 tahun.

Kelompok Palestina, yang memerintah Jalur Gaza sejak 2007, mengatakan tiga gereja juga telah dihancurkan, termasuk Gereja Ortodoks Yunani Saint Porphyrius yang berusia 1.000 tahun, yang merupakan gereja tertua yang masih aktif di wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)