Kedutaan AS di Irak Jadi Sasaran Serangan Roket

Jum'at, 08 Desember 2023 - 17:17 WIB
loading...
Kedutaan AS di Irak Jadi Sasaran Serangan Roket
Kedutaan AS di Irak jadi sasaran serangan roket. Foto/Ilustrasi
A A A
BAGHDAD - Kedutaan Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak menjadi sasaran serangan roket. Sebuah ledakan terdengar di sekitar Zona Hijau yang dijaga ketat, tempat kompleks diplomatik itu berada, pada Jumat (8/12/2023) pagi.

Pasukan dan instalasi AS di seluruh wilayah tersebut diserang ketika Washington terus mendukung pemboman Israel di Jalur Gaza.

Kantor berita, mengutip pejabat militer AS dan Irak yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa roket mendarat di pinggiran distrik yang menampung gedung pemerintahan dan diplomatik itu saat fajar.

Seorang pejabat keamanan Irak mengatakan bahwa 14 roket Katyusha ditembakkan, dan beberapa roket menghantam dekat salah satu gerbang kedutaan, namun roket lainnya jatuh ke sungai Tigris di dekatnya. Pejabat itu mengatakan serangan roket menyebabkan kerusakan material namun tidak ada korban jiwa.

Sirene alarm yang menyerukan orang-orang untuk “merunduk dan berlindung” diaktifkan. Menurut video media sosial yang diverifikasi oleh unit verifikasi Al Jazeera, Sanad, roket terlihat mendarat di dekat kedutaan AS.



Dalam salah satu video, sirene terdengar di tengah serangkaian ledakan di dekat gedung. Gambar lainnya menunjukkan area zona diplomatik Bagdad dengan ledakan terdengar di latar belakang.

Pernyataan kedutaan AS mengkonfirmasi bahwa “dua tembakan roket” ditembakkan ke kompleks tersebut pada pukul 04:15 waktu setempat pada hari Jumat.

“Indikasinya adalah serangan tersebut diprakarsai oleh milisi yang berpihak pada Iran,” kata seorang juru bicara.

“Kami sekali lagi menyerukan kepada pemerintah Irak… untuk melakukan segala daya untuk melindungi personel dan fasilitas mitra diplomatik dan koalisi," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)