Tank-tank Israel Dilaporkan Masuki Selatan Jalur Gaza

Selasa, 05 Desember 2023 - 15:14 WIB
loading...
Tank-tank Israel Dilaporkan Masuki Selatan Jalur Gaza
Tank-tank Israel dilaporkan telah memasuki wilayah selatan Jalur Gaza. Foto/Ilustrasi
A A A
JALUR GAZA - Tentara Israel pada Senin waktu setempat mengirim puluhan tank ke Jalur Gaza selatan sebagai bagian dari perluasan tindakan terhadap Hamas . Ini dilakukan di tengah kekhawatiran global atas meningkatnya kematian warga sipil, dan ketika komunikasi terputus di wilayah yang terkepung.

Beberapa minggu setelah Israel mengerahkan pasukan darat di bagian utara Jalur Gaza, tentara Israel telah menyebarkan selebaran di bagian selatan, yang meminta warga Palestina untuk melarikan diri ke daerah lain.

Para saksi mata mengatakan kepada AFP tank, pengangkut personel lapis baja, dan buldoser terlihat pada Senin di dekat kota Khan Yunis di Gaza selatan, yang dipenuhi pengungsi Palestina.

Di pintu masuk rumah sakit Nasser di kota yang ramai, ambulans dan mobil pribadi mengantarkan para penyintas yang dalam keadaan linglung, berlumuran darah, dan tertutup debu.

Seorang warga Palestina, Amin Abu Hawli (59) mengatakan kendaraan Israel berada dua kilometer di dalam Gaza di desa Al-Qarara, sementara Moaz Mohammed (34) mengatakan tank Israel bergerak di jalan raya utama utara-selatan di jalur tersebut.

"Militer (Israel) berusaha memotong jalan antara Deir al-Balah di Gaza tengah dan Khan Yunis, menembakkan peluru dan tank ke arah mobil dan orang-orang yang mencoba melewati daerah tersebut,” kata Mohammed seperti dikutip dari Al Arabiya, Selasa (5/12/2023).



Tentara Israel mengatakan mereka mengambil tindakan agresif terhadap Hamas dan organisasi teroris lainnya di Khan Yunis, memperingatkan bahwa jalan utama di utara dan timur kota merupakan medan perang.

Walaa Abu Libda menemukan tempat berlindung di rumah sakit Al-Aqsa Deir al-Balah tetapi mengatakan putrinya yang berusia empat tahun masih terjebak di bawah reruntuhan.

“Saya tidak tahu apakah dia hidup atau mati,” kata Libda, salah satu dari sekitar 1,8 juta orang yang mengungsi di Gaza – sekitar tiga perempat dari populasi, menurut angka PBB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)