Perjalanan Sejarah Kelompok Muslim di Thailand yang Unik dan Penuh Warna

Senin, 04 Desember 2023 - 19:15 WIB
loading...
Perjalanan Sejarah Kelompok Muslim di Thailand yang Unik dan Penuh Warna
Umat Islam merayakan Idul Fitri di masjid di provinsi Pattani, Thailand, 24 Mei 2020. Foto/REUTERS/Surapan Boonthanom
A A A
BANGKOK - Thailand, negara yang kaya akan keberagaman budaya dan agama, juga menjadi rumah bagi komunitas Muslim yang sangat banyak.

Sejarah kelompok Muslim di Thailand mencerminkan perjalanan panjang penuh warna, diwarnai interaksi dengan berbagai budaya dan kejadian sejarah yang beragam.

Sejarah kelompok Muslim di Thailand dapat ditelusuri kembali hingga abad ke-13 ketika pertama kali Islam masuk ke wilayah ini melalui perdagangan dan kontak dengan pedagang Arab.

Wilayah yang sekarang dikenal sebagai Thailand Selatan, terutama provinsi-provinsi seperti Pattani, Yala, dan Narathiwat, menjadi pusat penyebaran Islam.

Penerimaan masyarakat setempat terhadap agama Islam membuat komunitas Muslim berkembang pesat di wilayah ini.

Pada abad ke-14 hingga ke-16, Kerajaan Pattani menjadi salah satu kerajaan Islam yang paling berpengaruh di kawasan ini.

Kerajaan ini menjalin hubungan dengan negara-negara Islam lainnya seperti Kesultanan Malaka dan Kesultanan Aceh.



Keharmonisan antara kelompok Muslim dan non-Muslim di wilayah ini terus berlanjut selama beberapa abad, menciptakan suatu model toleransi agama yang unik.

Namun, sejarah kelompok Muslim di Thailand tidak selalu dipenuhi dengan kedamaian. Pada abad ke-18, Kerajaan Ayutthaya yang berkuasa pada saat itu mulai memberlakukan kebijakan yang menekan kelompok Muslim, memicu ketegangan dan perlawanan di antara komunitas tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)